Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan di Bandar Lampung

Authors

  • Rahma Apriyani Universitas Teknokrat Indonesia
  • Defia Riski Anggarini Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i4.43050

Keywords:

Harga; Kepuasan pelanggan; Kualitas produk; Loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pelanggan Mie Gacoan di Bandar Lampung sebanyak 120 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan di olah menggunakan SPSS 25. Hasil yang di dapat menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan harga berdasarkan persamaan pertama loyalitas pelanggan baik secara gabungan maupun parsial dan pengaruh kualitas produk, harga dan loyalitas pelanggan persamaan kedua secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan baik secara gabungan maupun secara parsial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perusahaan harus mampu memberikan kualitas dan harga produk yang baik untuk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk karna loyalitas pelanggan terhadap kualitas dan harga produk akan membuat konsumen merasa puas.

References

1. Azizah, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberlangsungan Usaha. Universitas Internasional Batam UIB Repository, 2017, 5–24.

2. Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

3. Eldiansyah, R., & Suwarni, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 130–138. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.130-138

4. Mediasi, S. V. (2020). X1 - Y - Z Erna Murtiningsih dkk, (2020). 20(1), 34–43.

5. Nopitasari, N., Sentosa, E., & Nursina, N. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Kosmetik Make Over di Kelurahan Pulogadung). Ikraith-Ekonomika, 7(2), 76–86. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3337

6. Pramesti, M. A., & Chasanah, U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 281–287. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.76

7. Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352

8. Sirait, S., & Purwianti, L. (2024). Analisis Pengaruh Service Quality , Product Quality , Brand Image , Store Atmosphere , dan Price terhadap Customer Loyalty Ritel Waralaba dengan Mediasi Customer Satisfaction. 7(1), 1–12.

9. Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

10. Thungasal, C., & Siagian, H. (2019). Aan Surachlan Dimyati, 1989. Pengetahuan Dasar Perhotelan. Jakarta: PT. Daviragnan. Agora, 7(1), 287133.

11. Wiguna, M. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 379. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.766

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Apriyani, R., & Anggarini, D. R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(4), 537–545. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i4.43050