Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen PT. Auto 2000 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.44098Keywords:
Harga; Produk; Promosi; Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen PT. Auto 2000 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen pengguna Mobil Toyota yang membeli produk kendaraan di PT. Auto 2000 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus Hair et al (2017). Rumus tersebut digunakan untuk menentukan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen PT. Auto 2000 Bandar Lampung, sehingga hipotesis pertama diterima. Variabel Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen PT. Auto 2000 Bandar Lampung, sehingga hipotesis kedua diterima. Variabel Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen PT. Auto 2000 Bandar Lampung, sehingga hipotesis ketiga diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel Harga, Produk dan Promosi secara bersama–sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen PT. Auto 2000 Bandar Lampung, hal ini berarti bahwa hipotesis keempat diterima. Sedangkan berdasarkan pada koefisien determinasi (R2) sebesar 0,789 atau 78,9%. Hal ini menunjukkan bahwa 78,9% pengaruh yang dapat dijelaskan oleh variabel bebas (Harga, Produk dan Promosi) terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian), sedangkan sisanya 21,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Harga, Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian.
References
1. Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63-76.
2. Febrian, A., & Vina Hapsari, C. A. (2019). Strategi pemasaran dalam mempengaruhi keputusan pembelian melalui niat sebagai mediasi. Buletin Studi Ekonomi. Vol, 24(2).
3. Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109-119.
4. Hidayatullah, M. F., Wadud, M., & Roswaty, R. (2020). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus di Auto 2000 Veteran Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 19-31.
5. Irawan, D. T. B., & Satrio, B. (2015). Pengaruh produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil avanza. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(9).
6. Kesuma, M., Fitria, D., & Albab Al Umar, A. U. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pattaya Corner Kota Salatiga. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1), 13-21.
7. Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall. Com. Journal Ikhraith Humaniora, 2(1), 53-61.
8. Maksum, M., & Satrio, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Wingstop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(12).
9. Maulana, M. I. N. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(6), 512-521.
10. Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).
11. Pramadhika, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merk Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Smartphone Samsung Wilayah Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
12. Ramadhan, R. A., & Suprihhadi, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Auto 2000 Pasuruan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(9).
13. Ratnasari, A. D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Unesa, 3(3).
14. Riduan, M., & Hasanah, U. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Jual Mobil Toyota Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Auto 2000 Tanjung Api-Api Palembang. Jurnal Kompetitif, 9(2).
15. Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206-217.
16. Setiawan, W., & Suprihhadi, H. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Kijang Innova Reborn. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(11).
17. Sutrayani, S., & Anggraini, D. (2021). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 1(4), 565-573.
18. Taufiq, M., & Utomo, S. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Lemonilo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).
19. Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
20. Wijaya, F. (2017). Pengaruh Cira Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya).
21. Wijayanti, H., & Srihandayani, C. M. (2015). Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite Pada PT. Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah ekonomi, 20(1 Juli), 107-107.
22. Zulmi, M. R. (2019). Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Avanza Pada PT. Auto 2000 Cabang Khatib Sulaiman Di Padang. Matua Jurnal, 1(2), 119-132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faizal Fasa, Ade Candra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).