Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan DANA dengan Kepercayaan Sebagai Mediasi pada UMKM di Kota Palangka Raya

Authors

  • Lidya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya
  • Luluk Tri Harinie Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya
  • John Budiman Bancin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya
  • Aston Pakpahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya

Keywords:

Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Penggunaan, Kepercayaan, DANA, UMKM

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan terhadap keputusan penggunaan dompet digital DANA oleh pengguna yang bertransaksi pada UMKM di Kota Palangka Raya melalui mediasi kepercayaan. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain kausal. Pengambilan sampel secara purposif dipakai untuk memilih 100 responden dari 5 kabupaten berbeda yakni Pahandut, Sebangau, Jekan Raya, Bukit Batu, serta Rakumpit. Kuesioner serta observasi dipakai untuk pengumpulan data, serta SEM-PLS serta analisis deskriptif dipakai untuk analisis. Temuan penelitian memperlihatkan terkait keputusan untuk menggunakan DANA disumbang pengaruh secara positif serta signifikan oleh persepsi manfaat serta kemudahan penggunaan, serta secara tidak langsung lewat variabel mediasi kepercayaan. Kepercayaan terbukti memperkuat hubungan persepsi manfaat serta kemudahan penggunaan pada keputusan penggunaan dompet digital DANA di kalangan pengguna yang bertransaksi pada UMKM di Kota Palangka Raya. Implikasi praktis temuan ini memperlihatkan terkait peningkatan kepercayaan, literasi digital, dan transparansi sistem keamanan perlu menjadi fokus utama bagi penyedia layanan dan pemerintah daerah untuk mendorong optimalisasi penggunaan dompet digital dalam transaksi UMKM serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital.

References

Adi, A. (2023). Survei Pengguna Dompet Digital. Databooks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/6dbd888ba54ceb6/survei-pengguna-dompet-digital-gopay-dan-ovo-bersaing-ketat

Ardana, H. T., & Setyawan, D. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA Dompet Digital Oleh Generasi Y Dan Generasi Z. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 76–93. https://doi.org/https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i1.765

Arriza, U., Sunaryo, H., & Rahman, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Serta Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet DANA. E-JRM: Juranal Ilmiah Riset Manajemen, 11(10).

Arsid, B. V. H., & Kuswanto, A. (2023). Studi Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image dan Trust di Sektor Pariwisata (Traveloka) Pasca Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(4). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3584148

Bancin, J. B., Damayanti, N. E., Aprilita, & Banurea, J. J. N. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Peran Mediasi Citra Merk di McDonald’s Palangkaraya. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 14(4), 392–413. https://doi.org/10.29244/jmo.v14i4.51251

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Selaku variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(2), 149. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i2.13406

Fitriyani, F. Y., & Rahayu, T. (2023). Adopsi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kinerja (Studi Empiris UMKM di Wilayah Kabupaten Wonosobo Tahun 2022). Jurnal Ekonomi Efektif, 5(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3242632

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling – Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Laten, H. (2015). Partial Least Square; Konsep, Teknis dan Aplikasi Memakai Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro Semarang.

Hair, Joe, F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet.

Kemenop, U. (2021). Strategi Pemberdayaan UMKM di Indonesia pada Masa Pandemi.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education.

Mawardi, T. F. R., & Prabowo, B. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Wallet DANA (Studi Pada Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal.

Nugraha, D. E., & Zagladi, A. N. (2025). Influence of Ease and Usefulness of Qris on the Decision To Use Sharia Fintech Payment With Trust As an Intervening Variable. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jtb.2025.vol8(1).19740

Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat terhadap Keputusan Penggunaan Gopay di Surabaya dengan Kepercayaan selaku variabel Intervening. AKUNTABEL, 17(2), 277–288.

Rahmawati, M., & Rosa, A. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Memakai Dompet Digital DANA. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3).

Ramalda, N., Widarko, A., & Slamet, A. R. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet (DANA) di Kota Malang (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Malang). E-JRM:Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 2323–2334. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/24830

Rismalia, R., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Dengan Sikap Selaku variabel Intervening Pada Pengguna Dana Di Universitas Esa Unggul. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 561–588. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.309

Sari, D. K. (2018). Factors affecting the adoption of mobile payment systems in Indonesia: An empirical study. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 4(1), 1–10.

Sari, K. H. Y. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KREDIBILITAS, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY GOPAY PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate Thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Sari, R. (2016). Perceived usefulness and ease of use on intention to use mobile banking in Indonesia. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(4), 182–186.

Sarstedt, M., Ringle C, M., & Hair J, F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (H. C., K. M., & V. A. (eds.)). Handbook of Market Research.

Sibuea, S. J., Oktavianthy, D., & Rangkuti, A. E. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI OVO. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2(1). https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/654

Silaen, R., & Prabawani, N. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Penggunaan Teknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Teknologi Informasi, 10(2), 123–134.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. ALFABETA.

Suprapto, R., & Azizi, M. Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Pertama). Myria.

Susanti, N., Irawati, T., Hasan, O., Bayu, M., & Wahju, V. (2023). Kinerja Keuangan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Farmasi). Jurnal Ekonomi Efektif, 6(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3766452

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2019). A critical assessment of potential measurement biases in the technology acceptance model: Three experiments. International Journal of Human-Computer Studies, 129, 73–88.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2016). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157–178.

Wibowo, F. P., Setiawati, I., & Widiastuti, C. T. (2025). TRUST SEBAGAI INTERVENING: MENELUSURI FAKTOR KEPUTUSAN PENGGUNAAN BRIMO MOBILE BANKING. JPRO, 6(1), 88–97.

Wong, C. H. (2017). The role of trust in the adoption of mobile payment systems. Journal of Electronic Commerce Research, 18(1), 1–15.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Lidya, Harinie, L. T., Bancin, J. B., & Pakpahan, A. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan DANA dengan Kepercayaan Sebagai Mediasi pada UMKM di Kota Palangka Raya. Jurnal Ekonomi Efektif, 8(1), 55–66. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/54510

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.