Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Standar Pelayanan Angkutan Massal pada Program Buy The Service (BTS) di Kota Solo
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.28700Keywords:
Buy The Service, Angkutan Massal Perkotaan, Standar PelayananAbstract
Penelitian ini menganalisis persepsi masayarakat terhadap standar pelayanan angkutan massal dalam sembilan dimensi; keselamatan, aksesibilitas, keselamatan, kesetaraan, kenyamanan, keteraturan, konektivitas, digitalisasi, lingkungan/emisi. Metode penelitian menggunakan survey kuantitaf. Hasil dari survey persepsi pelayanan BTS kota Solo menunjukkan bahwa dimensi pelayanan yang diberikan menunjukkan hasil yang baik dan skor dimensi tertinggi adalah dimensi keamanan. Program BTS memang didukung dengan persiapan operasional dan monitoring yang baik dari sisi pengemudi, kondisi kendaraan, batas aman kecepatan, jalur/trayek yang dilalui, keamanan penumpang ketika menaik-turunkan penumpang, dan dukungan Internet of Thing (IoT) didalam armada.
References
Azwar, Saifuddin. (1996). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eberts, Randall. Understanding the Impact of Transportation on Economic Development. Transportation in the New Millennium.
Hair, J. F., Black, W. C.,Bagin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate data analysis, Sixth Edition, Prentice Hall.
Joewono,T.B & Kubota,H. (2005). Safety And Security Improvement In Public Transportation Based On Public Perception In Developing Countries. IATSS Research, Vol.30, No.1.
Kota Surakarta Dalam Angka 2021. https://surakartakota.bps.go.id/publication/ diakses 14 Juli 2021.
Parasuraman,A.,Zaeithaml,V., Berry, L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.
Randheer, Kokku. (2011). Measuring Commuters’ Perception on Service Quality
Using SERVQUAL in Public Transportation. International Journal of Marketing Studies, Vol.3, No.1.
Stojic, D., Ciric,Z., Sedlak,O., Horvat,A.M. (2020). Students’ Views on Public Transport: Satisfaction and Emission. Sustainability, 12.
Weng,J., Wang,C., Wang,J., Mao,L. (2018). A Bus Service Evaluation Method from Passenger’s Perspective Based on Satisfaction Surveys: A Case Study of Beijing, China. Sustainability, 10.
William, Ken G. (2003). Urban transport in developing countries. TRANSPORT REVIEWS, 2003, VOL. 23, NO. 2, 197–216.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).