Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sandal Eiger pada E-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.71-83.31483Keywords:
Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, PromosiAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana pengaruh dari citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sandal Eiger pada e-commerce Shopee. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai metode penelitian. Populasi dipergunakan konsumen yang membeli pada Eiger Adventure Official Store di e-commerce Shopee pada tahun 2023 berjumlah 12.953. Rumus Slovin digunakan untuk menghasilkan ukuran sampel 388 responden dengan pendekatan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda, dengan menguji uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Pengujian regresi linier berganda mengungkapkan bahwa citra merek dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,6%. Kualitas produk dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 22,9%. Promosi dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,6%. Pada pengujian koefisien determinasi (R2) keputusan pembelian dapat dijelaskan dengan besaran 58,4% oleh variabel citra merek, kualitas produk dan promosi. Temuan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sandal Eiger pada e-commerce Shopee.
References
Anggraenia, T. C., Widjayanti, W., & Puspita, I. B. A. (2023). Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.428
Difa, O., Husnan, M., Pristian, R., Astuti, F., & Khoirotunnisa, A. U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa
Firmansyah, F., & Jarror, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo. Manajerial, 8(03), 247. https://doi.org/10.30587/manajerial.v8i03.2547
Halimi, N., Hafidzi, A. H., & Nursaidah. (2023). Pengaruh Fanatisme, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Lippo Plaza Mall Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 2(2), 183–193.
Maulana, C. A., & Maskur, A. (2023). Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 1–23.
Meme, R., & Byre, R. O. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita. Analisis, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.37478/als.v10i2.686
Nabila, S. I., & Fajar, P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 11(10).
Purba, C. W., & Heryenzus, H. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Di Shopee Pada Karyawan Di Kota Batam. Jesya, 6(1), 316–327. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.879
Sarjita. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. JBMA, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.56589/keizai.v3i2.292
Saunders, M. N. ., Lewis, P., & Thornhill, A. (2019). Research Methods For Busines Student. https://doi.org/Pearson
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business. https://doi.org/Wiley
Tolan, M. S., Pelleng, F. A. O., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita ( Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado ). Journal of Productivity, 2(5), 360–364.
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.