Analisis Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Ayam Bakar Irzah Ciputat Cabang Legoso Ciputat Tangerang Selatan

Authors

  • Muhamad Wafiuddin Siddiq S2 Magister Manajemen UNPAM
  • Alvia Rayhana Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
  • Tara Nur Tsania Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
  • Rini Ayu Destriyanti Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v7i1.2025.40-48.48914

Keywords:

Strategi Pemasaran; Usaha Kuliner; Teknologi Digital.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Ayam Bakar Irzah, sebuah usaha kuliner yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan owner dan observasi langsung di lokasi usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ayam Bakar Irzah berhasil memanfaatkan teknologi dan platform digital, seperti Go-Jek dan Grab, untuk meningkatkan penjualan, dengan proporsi penjualan online mencapai 60%. Strategi harga yang diterapkan, termasuk subsidi silang antara penjualan online dan offline, memungkinkan perusahaan untuk menarik berbagai segmen pelanggan. Variasi menu yang ditawarkan, seperti ayam bakar dan nasi bakar, juga berkontribusi pada daya tarik usaha ini. Meskipun menghadapi tantangan dalam persaingan yang ketat dan manajemen sumber daya manusia, Ayam Bakar Irzah menunjukkan potensi untuk terus berkembang melalui inovasi dan peningkatan kualitas produk serta pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pelaku usaha kuliner lainnya dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.

Author Biography

Muhamad Wafiuddin Siddiq, S2 Magister Manajemen UNPAM

Analisis Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Ayam Bakar Irzah Ciputat Cabang Legoso Ciputat Tangerang Selatan

References

Amalia, N. R., Yulianti, F., & Kadir, A. (2023). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada Café Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (meng-gunakan analisis SWOT). Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41-48.

Andriyani, W., & Iskandar, K. (2014). Pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan batubara pada PT. Cahaya Mantingan Nusantara Jakarta. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 7(1), 44307.

Darma, D. (2020). Strategi pemasaran PT. Suraco Jaya Abadi Motor dalam peningkatan volume penjualan di Pinrang (tinjauan hukum ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Fatonah, S., Haryono, T., & Sari, N. N. I. (2021). Peran orientasi pelanggan dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM rumah makan di Kabupaten Sragen. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 5(1), 78-97.

Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor Suzuki Satria FU pada PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 112-121.

Krisdanti, G., & Rodhiyah, R. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UKM pada sektor industri pengolahan makanan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 60-71.

Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisna-dwipayana, 6(1), 69-74.

Nasihin, M. A., Subagyo, S. E. F. S., Erfariani, S. A., & Farida, S. N. (2020). Strategi bisnis era new normal pada kedai kopi di Surabaya (studi kasus pada Beby’s Coffee di Jalan Srikana Timur No. 44 Surabaya). E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 76-88.

Purwidiantoro, M. H., SW, D. F. K., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Eka Cida, 1(1).

Sikki, N., Yuniarsih, Y., & Sundari, A. (2021). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan El Nuby Arabic Shop. SENRIABDI, 360-371.

Wahyuningtyas, Y. F., Syafi’I, A. M., & Ambara, E. (2022). Strategi pemasaran perusahaan Bara Teknik Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 353-365.

Downloads

Published

2025-07-27

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.