Analisis Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Ayam Bakar Irzah Ciputat Cabang Legoso Ciputat Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v7i1.2025.40-48.48914Keywords:
Strategi Pemasaran; Usaha Kuliner; Teknologi Digital.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Ayam Bakar Irzah, sebuah usaha kuliner yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan owner dan observasi langsung di lokasi usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ayam Bakar Irzah berhasil memanfaatkan teknologi dan platform digital, seperti Go-Jek dan Grab, untuk meningkatkan penjualan, dengan proporsi penjualan online mencapai 60%. Strategi harga yang diterapkan, termasuk subsidi silang antara penjualan online dan offline, memungkinkan perusahaan untuk menarik berbagai segmen pelanggan. Variasi menu yang ditawarkan, seperti ayam bakar dan nasi bakar, juga berkontribusi pada daya tarik usaha ini. Meskipun menghadapi tantangan dalam persaingan yang ketat dan manajemen sumber daya manusia, Ayam Bakar Irzah menunjukkan potensi untuk terus berkembang melalui inovasi dan peningkatan kualitas produk serta pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pelaku usaha kuliner lainnya dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.
References
Amalia, N. R., Yulianti, F., & Kadir, A. (2023). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada Café Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (meng-gunakan analisis SWOT). Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41-48.
Andriyani, W., & Iskandar, K. (2014). Pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan batubara pada PT. Cahaya Mantingan Nusantara Jakarta. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 7(1), 44307.
Darma, D. (2020). Strategi pemasaran PT. Suraco Jaya Abadi Motor dalam peningkatan volume penjualan di Pinrang (tinjauan hukum ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Fatonah, S., Haryono, T., & Sari, N. N. I. (2021). Peran orientasi pelanggan dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM rumah makan di Kabupaten Sragen. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 5(1), 78-97.
Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor Suzuki Satria FU pada PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 112-121.
Krisdanti, G., & Rodhiyah, R. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UKM pada sektor industri pengolahan makanan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 60-71.
Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisna-dwipayana, 6(1), 69-74.
Nasihin, M. A., Subagyo, S. E. F. S., Erfariani, S. A., & Farida, S. N. (2020). Strategi bisnis era new normal pada kedai kopi di Surabaya (studi kasus pada Beby’s Coffee di Jalan Srikana Timur No. 44 Surabaya). E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 76-88.
Purwidiantoro, M. H., SW, D. F. K., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Eka Cida, 1(1).
Sikki, N., Yuniarsih, Y., & Sundari, A. (2021). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan El Nuby Arabic Shop. SENRIABDI, 360-371.
Wahyuningtyas, Y. F., Syafi’I, A. M., & Ambara, E. (2022). Strategi pemasaran perusahaan Bara Teknik Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 353-365.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)