Analisa Petunjuk Pengukuram Moral dan Motivasi Individu

Authors

  • Hartoyo Soehari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i3.20393

Keywords:

Moral, Motivasi, Pengukuran

Abstract

Tujuan penelitiam ini adalah untuk menganalisa petunjuk pengukuran tingkat moral dan motivasi individu. Moral dan motivasi karyawan sangat memengaruhi kualitas perilakunya. Dalam kehidupan organisasi, perilaku individu berperan dalam membentuk perilaku kelompok dan perilaku organisasi dalam upaya mencapai tujuan. Untuk memperbaiki organisasi, pimpinan  organisasi perlu mengetahui kualitas moral dan motivasi kerja karyawannya. Metode penelitian ini menggunakan analisa terhadap petunjuk pengukuran moral dan motivasi karyawan karya Herzberg. Herzberg telah membuat alat ukur itu berupa 76 pernyataan sederhana yang mudah dijawab oleh karyawan. Pilihan jawabannya adalah setuju atau tidak setuju. Ke 76 pernyataan  dibagi 2 grup, yaitu 27 pernyataan terkait moral dan 49 sisanya untuk motivasi. Hasil analisa menunjukkan, bahwa jawaban  diolah menjadi nilai angka prosentase, yang kemudian dialihkan menjadi bentuk skala kualitas moral dan motivasi, yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, dan tidak baik. Kualifikasi ini menjadi dasar bagi pimpinan untuk mengambil langkah perbaikan organisasi dalam mencapai sukses untuk kesejahteraan karyawan.

References

Adhiyna, Marita. 2011. Perilaku organisasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Geertz, Clifford.1976. Involusi Pertanian. Terjemahan S. Supomo. Jakarta: Bharata KA

Herzberg, Frederick. 1959. The motivation to work. New York, NY.: Wiley Maslow, Abraham. 1943. A theory of human motivation. Psychological Review vol. 50 1943 370-396

Kumala, D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi terhadap kinerja Karyawan pada PT. RisconRealty: Kecerdasan Emosional dan Motivasi kinerja. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 1-13.

Musa, Risman. 2014. Adaptasi Sosial (Transmigrasi) Multikulturalisme dan Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: Kemenko Kesra

Soetomo, WE. 2019. Sosiologi Pendidikan. Semarang: Stiepari Wicaksono, W., Suyatin, S., Sunarsi, D., Affandi, A., & Herling, H. (2021). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Mandiri, Tbk Di Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(1), 220-237.

Downloads

Published

2022-05-13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.