Pengaruh Promosi Penjualan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Rimbalife.Id di Platform Shoope
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.37184Keywords:
Promosi Penjualan, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh Promosi Penjualan terhadap keputusan pembelian Rimba Life di aplikasi Shoope dan Untuk mengetahui pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shoope.
Metode. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif berlandaskan filosofi positivisme, digunakan untuk mempelajari populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan alat ukur penelitian (instrumen), analisis data bersifat kuantitatif/statistik yang bertujuan untuk menguji dan membuktikan hipotesis yang dihasilkan atau ditetapkan.
Hasil. Hasil Penelitian Ini di peroleh terdapat pegaruh promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian dan terdapat pengaruh Cita Merek terhadap Keputusan Pembelian.
Implikasi. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan dan mempertaankan Kualitas Produk sekaligus dapat bersaaing dengan Produk protein lainnya, Serta mengingkatkan promosi atau membuka event terkhusus Rimba Life.
References
Adriyati, R. & Indriani, F. 2017. Pengaruh Electronic of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro joutnal of manage-ment, Vol. 6, no. 4. Hal 1-14.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 204-219.
Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Jakad media publishing.
Chalil, R. D. et al. (2020). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.
Diansyah & Rahmat., M (2017). Pengaruh Ekuitas Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Jakarta. Media Ekonomi dan Manajemen.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176-188.
Firmansyah. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hapsari, T. R., Waluyo, H. D., & Widayanto, W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Muamalat Indonesia Syariah (Studi Kasus Pada Kantor Kas Baiturrahman Bank Muamalat Indonesia Syariah Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 311-316.
Hartono, G. G. U., & Najmudin, M. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nimco Royal Store. Efektif Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 17-26.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In Unitomo Press (p. 61).
Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). Faktor-faktor pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel halal. Penerbit Nem.
Kotler, Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. Yogyakarta : ANDI
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip, & Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip., Gary Armstrong (2012), Principles of marketing, Edisi 14, New Jersey : Pearson Prentice Hall.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CVAl Fath Zumar.
Muhammad, I., & Darmastuti, I. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio (Studi Di Dealer Yamaha Pemuda Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019, October). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).
Prasetyo, Budi dan Yunita Rismawati. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. Vol. 2 No. 2 57-65.
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikais Pemasaran Terpadu, Bandung: Pustaka Setia.
Riswandani, A., & Mahargiono, P. B. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kopi Kenangan Cabang Manukan, Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(4).
Saputro, A., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Floo Cafe Ungaran). Diponegoro Journal of Management, 5(4), 387-400.
Sitinjak, T. J. R., & Arief, A. R. A. (2022). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Uniqlo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 4), 1132-1143.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiyono. R., & Brata. H. (2020). The Effect of Prices, Brand Images, and After Sales Service Reinforced Bar Steel Products on Consumer Purchasing Decisions of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science. 1(6), 945–967.
Tjiptono, Fandy. Kepuasan Pelanggan–Konsep, Pengukuran, dan Strategi.Yogyakarta:Andi Offset. 2019.pp.21-136.
Wijayanto, I., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 910-918.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pilipus Adventius Kristianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).