PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v5i1.y2018.p47-60Keywords:
pendidikan karakter, budaya sekolah, pendidikan agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh budaya sekolah dan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terhadap karakter siswa, studi kasus pada SMPN 2 Kota Tangerang Selatan. Untuk menjawab penelitian ini digunakan metode penilitian kuantitatif dengan cara mecari besaran regresi ganda antara variabel Budaya sekolah ( X1) dan Pembelajaran PAI (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebesar 2,5% pengaruh kedua variabel terikat terhadap variabel bebas, adapun sisanya terdapat variabel yang mempengaruhi diluar variabel terikat. Penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel terkait yang mungkin bisa menambahkan pengaruh pada variabel terikat.
References
Al-Ghazali. (1994). Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia. Bandung: Kharisma.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Elfindri, dkk. (2012). Pendidikan Karakter: kerangka, metode dan aplikasi untuk pendidik dan profesional. Jakarta: Baduose Media.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hikmat, (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
http://www.sekolahdasar.net/2016/07/peranan-sekolah-dan-keluarga-dalam-membentuk-karakter -siswa.html#ixzz2wH7R093q dilihat pada tanggal 18 maret 2017 pukul 09.05.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Grand Desain Pendidikan Karakter. Jakarta.
Lickona, T. Mendidik untuk membentuk krakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pedidikan tentang sikap rasa hormat dan bertanggung jawab, Penerjemah: Jumma Abdu Wamaung, editor: Uyu Wahyudin dan Suryani. Edisi 1.
Majid, A. & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Matta, M. A. (2006). Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Itishom.
Sarwono, S. W. (2013). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Cipta Karya.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zahruddin, AR. & Sinaga, H. (2004). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.