Pengaruh Pembagian Kerja, Mutu, Prosedur Pelayanan dan Prasarana Kantor terhadap Kepuasan Masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat

Authors

  • Titi Hasanah Universitas Serelo Lahat
  • Markus Markus Universitas Serelo Lahat
  • Indra Hartini Universitas Serelo Lahat

Keywords:

Pembagian Kerja, Mutu, Prosedur Pelayanan, Prasarana Dan Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembagian kerja, mutu, prosedur pelayanan dan prasarana kantor secara senidiri-sendiri dan secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden. Uji kualitas data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan perhitungan statistik dengan rumus regresi berganda, uji parsial uji simultan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian didapat Pembagian kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat. Mutu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat . Prosedur pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Lahat. Prasarana kantor berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Lahat. Pembagian kerja, mutu, prosedur pelayanan dan prasarana kantor berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat.

References

Ardiyos, 2018, Beberapa karakteristik prosedur kerja sekaligus menjadi indikator atas prosedur kerja

Arikunto, 2020.Prosedur Penelitian, Bumi Aksara : Jakarta

Armand V. Feigenbaum, 2019. Konsep Persediaan Pengaman (Safety Stock Concept). Makalah Seminar.

Brata, 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Crosby, 2019. Quality is Free, The Art Of making Quality Certain, New York, -McGraw-Hill Book Co

Emzir, 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Freed Luthans, 2020. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, PT. Andi: Yogyakarta.

Ghozali, 2017.Metodologi Penelitian, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta

Groonros Ratminto dan Atik, 2018. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gunsu Nurmansyah dkk, 2019, dalam buku Pengantar Antropologi, Sebuah Ikhtisar Mengenal Antropologi.

Joseph M. Juran, 2017. Arti mutu merupakan kecocokan penggunaan produk untuk memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan konsumen.

Keputusαn Menterí Pendαyαgunααn Αpαrαtur Negαrα, No.25 Tαhun 2004.

Koentjaraningrat, ahli antropologi Indonesia, 2019. dalam buku karyanya yang berjudul “Pengantar Ilmu Antropologi (Cetakan Kedelapan).

Kotler, 2017. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

Lovelock dan Wirtz, 2019. Service Marketing. New Jersey USA: Pearson.

Margono, 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta

Moenir, 2017. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara : Jakarta.

Moenir, 2018. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara : Jakarta.

Pasuraman, 2017. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing.

Pawanasutha, artikel, 2020. Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah Pasal 1

Purbayu, 2017. Pokok – Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif) Edisi Kedua, Bumi Aksara Jakarta

Rosdy Ruslan, 2018. Metode penelitian Publik, PT Raja Grafindo Persada, Surabaya

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Hasanah, T., Markus, M., & Hartini, I. (2024). Pengaruh Pembagian Kerja, Mutu, Prosedur Pelayanan dan Prasarana Kantor terhadap Kepuasan Masyarakat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 477–489. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39117