Meretas Keberhasilan di Dunia Digital: Menggali Kekuatan Personal Branding dan Strategi Efektif dalam Mengelolanya di Media Sosial

Authors

  • Raju Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Muhammad Fadhillah Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Strategi efektif, Personal Branding, era digital, media sosial, modal sosial.

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, Personal Branding di media sosial menjadi faktor krusial dalam meraih kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kekuatan Personal Branding dan strategi efektif dalam mengelolanya di media sosial. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan individu yang berhasil membangun dan mengelola brand pribadi secara efektif di platform media sosial. Temuan menunjukkan bahwa elemen-elemen seperti konsistensi, otentisitas, dan interaksi aktif dengan audience menjadi kunci dalam memperkuat Personal Branding. Selain itu, penggunaan konten yang relevan dan nilai tambah bagi audience juga memiliki peran penting dalam mempertahankan keterlibatan dan mendukung pertumbuhan brand pribadi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya kesadaran dan pemahaman mendalam tentang strategi-strategi yang efektif dalam membangun dan mengelola Personal Branding di era digital ini, serta betapa relevannya hal tersebut dalam meraih kesuksesan di dunia digital saat ini.

References

Agustina. 2016. Analisis penggunaan media sosial instagram terhadap sikap konsumerismeremaja di SMA 3 Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 410-420

Dsouza Deryl, Maria. 2023. How Does AI Drive Branding? Towards An Integrated Theoretical Framework For AI-Driven Branding. International Journal Of Information Management Data Insight vol. 3

M. Johnson, Katryna. 2017. The Importance Of Personal Branding In Social Media: Educating Students to Create and Manage Their Personal Brand. USA Vol 4 (1)

Maharani, Shania. 2022. Penggunaan Dfitur Instagram Reels Sebagai Personal Branding. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau.

Montoya, Peter. 2002. The Personal Branding Phenomenon. Nashville: VaughanPrinting

Nanayakkara. 2020. Application Of Social Media For Personal Branding: A Conceptual Review. TIJBM vol. 8(1)

Pangarkar, Amey. 2023. Subconcious Branding: The Role Of Artificial Intelligence In Marketing

Park, Jin. 2020. Social Media As A Personal Branding Tool: A Qualitative Study Of Student-Athletes’ Perceptions and Behaviors. Journal of Athlete Development and Experience Vol 2 (1)

Poeppelman, T. & Blacksmith, N. (2014, January). Personal Branding via social media: Increasing SIOP visibility one member at a time. The Industrial Organizational Psychologist, 15(3) 112-119

Ricardo, M. D., & Radjagukguk, D. L. 2020. Personal Branding Reynalto Priyan Pradhana melalui Instagram Reydecal Dalam Peningkatam Penjualan. Ilmu dan Budaya, 41(71).

Tanayastri, LA. 2018. Transformasi PR di Era Industri 4.0

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Raju, & Fadhillah, M. (2024). Meretas Keberhasilan di Dunia Digital: Menggali Kekuatan Personal Branding dan Strategi Efektif dalam Mengelolanya di Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1421–1425. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40656