Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan Start-up di Era Digital

Authors

  • Billy Suhendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Haniifah Rosyaadah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Simah Ardillah Hassa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Revolusi Bisnis, Era, Transformasi, Teknologi, Kompetitif, Pertumbuhan

Abstract

Era digital telah terjadi revolusi besar dalam lanskap bisnis yang didorong oleh kemajuan teknologi. Paradigma operasional, dinamika persaingan, dan arah pertumbuhan telah berubah secara signifikan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menyelidiki strategi dan dampak transformasi proses berbasis teknologi terhadap keunggulan kompetitif dan pertumbuhan organisasi start-up di Indonesia. Studi ini mengeksplorasi berbagai strategi inovatif yang diterapkan oleh perusahaan rintisan dalam memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan, analisis data, dan komputasi awan. Melalui wawancara semi-terstruktur dengan para pendiri, eksekutif, dan pengambil keputusan, penelitian ini mengungkap bagaimana teknologi dapat meningkatkan posisi kompetitif, merampingkan operasi, dan mempercepat pertumbuhan. Selain itu, penelitian ini menyoroti peran ekosistem kolaboratif dari start-up di Jawa Barat dalam memfasilitasi transformasi berbasis teknologi. Temuan ini memberikan wawasan yang berguna bagi praktisi, pembuat kebijakan, dan akademisi yang tertarik dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan di pasar yang kompetitif

References

Rofaida, Rofi, et al. Strategi inovasi pada industri kreatif digital: Upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 2019, 8.3: 402-414.

Fachrurazi, et al. Revolusi Bisnis di Era Digital: Strategi dan Dampak Transformasi Proses Teknologi terhadap Keunggulan Kompetitif dan Pertumbuhan Organisasi. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 2023, 2.03: 297-305.

Tarihoran, Jessie Elita, et al. Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start–Up Di Indonesia. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2021, 9.1: 72-78.

Clarisa Sagita Carin. Tinjauan Variabel Peran Strategi Entrepreneurial Marketing Start-Up Dalam Membangun Sustainable Competitive Advantage Dengan Pendekatan Chat Gpt. 2023.

Saputra, Tio, et al. Tantangan dan Peluang Dalam Ekosistem Start-Up. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2024, 2.1: 164-170.

Mansur, Daduk Merdika; ST, M. M. STRATEGI PEMASARAN START UP. STRATEGI PEMASARAN DAN BISNIS STARTUP, 2023, 103.

Utami, Hesty Nurul; WIYONO, Sulistyodewi Nur. Inovasi Layanan Ritel Pangan Melalui Penciptaan Nilai Bersama: Kolaborasi Business-to-Business Kelompok Tani dan Ritel Online Berbasis Start-Up. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 2023, 24.2: 182-196.

Fakhrudin Muhamad Makhfud; PURWANTO, Purwanto. Bisnis Website di Era Digital: Analisis Tantangan dan Peluang Pada Usaha Fastdigital. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2024, 3.3: 187-198.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Suhendra, B., Rosyaadah, H., & Hassa, S. A. (2024). Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan Start-up di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1789–1794. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40911