Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa pada Lokapasar
Keywords:
Perilaku Konsumtif,Abstract
Perilaku konsumtif merupakan perilaku yang hanya menuruti sesuai dengan apa yang diinginkan sesorang bukan berdasarkan kebutuhan, perilaku tersebut bisa dibilang perilaku pemborosan. Faktor perilaku konsumtif terjadi karena adanya pengaruh dari iklan di sosial media, teman dan mengikuti tren yang sedang ramai diikuti oleh para remaja. Perkembangan teknologi membuat jaman menjadi berubah, perubahan yang terjadi ini membuat bertambahnya kebutuhan dan perbedaan keinginan di masa yang akan datang. Lokapasar hadir menjadi wadah untuk memudahkan masyarakat berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone yang memiliki jaringan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi belanja online terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik survey. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Diperoleh data sebanyak 104 responden yang telah mengisi kuesioner yang sudah dibagikan kepada mahasiswa.
References
Nursalam, M. (2021). "Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Era Digital." Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45-60.
Priyanto, A. (2021). Urgensi Spiritual Di Masa Pandemi Sebagai Upaya Membentuk Perilaku Moderasi Beragama Di IAIN Pekalongan. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(1), 79–92.
Adzkiya, A. 2018. Analisis Perilaku Konsumtif dan Faktor Pendorongnya (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2017. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Lina & Rosyid. 1997. Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control Pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Ed 4 th II, UGM
Islamy, Daniella Putri. 2016. Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMP Cikal Harapan I Bumi Serpong Damai : BSD Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Widyastuti, I., & Handayani, R. (2020). "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Online di Kalangan Mahasiswa." Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(2), 30-42.
Gandung, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja Dan Prilaku Berorganisasi (Vol. 1). CV. AA. RIZKY.
Prabowo, A. (2022). "Dampak Belanja Impulsif terhadap Keuangan Mahasiswa." Jurnal Ekonomi dan
Keuangan, 10(3), 15-25.
Putri, R. (2023). "Strategi Pemasaran E-Commerce dalam Menarik Konsumen Muda." Jurnal Pemasaran Digital, 5(1), 22-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.