Gambaran Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Memanfaatkan Aplikasi Tiktok

Authors

  • Abdul Aziz Albani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fadiyah Setya Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Indah Maulita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fahmi Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi TikTok; Digital Marketing; Perilaku ; Konsumtif; Gaya Hidup; Presepsi Mahasiswa.

Abstract

Perilaku konsumtif mahasiswa di era digital semakin meningkat, terutama dengan hadirnya aplikasi TikTok yang mempengaruhi pola belanja dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola konsumtif mahasiswa setelah munculnya aplikasi TikTok sebagai media promosi dan informasi yang kekinian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif deskriptif, dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 105 responden mahasiswa kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas dari responden setuju bahwa TikTok memiliki peran signifikan dalam mempengaruhi presepsi pembelian mereka. Dengan adanya konten-konten yang menarik dan kreatif yang disajikan menjadi salah satu yang meningkatkan minat beli mereka. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran melalui media sosial, terutama TikTok untuk menjangkau dan mempengaruhi perilaku konsumsi generasi muda. Penelitian ini memberikan wawasan bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan potensi TikTok dalam strageti pemasaran mereka.

References

Alpiansyah., Dewi, A.P., Hariniati, W. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk di TikTok Shop. Journal of Managerial, Leadership, Supervision, and Human Resources. Vol.1. No.2, 54-65.

Digital Marketing Institute. (2021). The Influence of TikTok on Consumer Behavior. Digital Marketing Report.

Djafarova, E., Trofimenko, O. (2019). Exploring the impact of social media influencers on consumers purchase intentions. Journal of Marketing Management 35(7-8), 677-697.

Journal of Consumer Psychology. (2021). Fear of Missing Out and Impulsive Buying on Social Media. Journal of Consumer Psychology, 30(4), 507-520.

Journal of Youth Studies. (2022). The Impact of Social Media on Youth Consumption Behavior. Journal of Youth Studies, 25(2), 221-239.

Kotler, P., Keller,K.L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Albani, A. A., Putri, F. S., Maulita, I., & Susanti, F. (2024). Gambaran Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Memanfaatkan Aplikasi Tiktok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 548–553. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45291