Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Dalam Pengembangan Ketrampilan Digital Pada Mahasiswa

Authors

  • Clara Aulya Amanda Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Elma Alfiana Muntaqo Titin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ikmal Ikmal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Bunga Astra Gracia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Metode pembelajaran, keterampilan bidang digital, Tingkat penguasaan frekuensi penggunaan, pengoptimalan keterampilan digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengalaman dan tingkat pengembangan keterampilan digital mahasiswa selama pembelajaran daring berlangsung. Studi ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei pada 104 responden yang merupakan mahasiswa dari beberapa universitas dengan berbagai program studi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur perkembangan keterampilan digital dalam metode pembelajaran daring. Kuisioner dirancang untuk mengukur berbagai aspek kemampuan mahasiswa mulai dari perangkat yang digunakan selama pembelajaran daring berlangsung, tingkat penguasaan perangkat lunak atau aplikasi yg relevan, tingkat inovasi dan kreativitas dalam menggunakan teknologi, pemahaman tentang privasi dan keamanan dunia digital, pemecahan masalah dengan menggunakan platform digital, frekuensi penggunaan platform pembelajaran, adaptasi terhadap teknologi, kemandirian dalam mencari dan mempelajari materi melalui sumber digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode daring cenderung lebih efektif dalam memberikan pengembangan keterampilan digital pada mahasiswa. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan kurikulum yang mengoptimalkan penggunaan metode pembelajaran daring untuk meningkatkan keterampilan digital pada  mahasiswa.

References

Kemdikbud. (2020). Kemendikbud terbitkan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud- terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Mosa, Elenena. 2006. A Blended E-Learning Model. Italia: Italian Journal of. Educational Technology.

Priowijanto, Gatot. 2013. Materi Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Amanda, C. A., Titin , E. A. M., Ikmal, I., & Gracia, B. A. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Dalam Pengembangan Ketrampilan Digital Pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 185–191. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44809