Identifikasi Aktivitas Media Sosial Dikalangan Mahasiswa Di Universitas Pamulang

Authors

  • Jaifar Adhiputranto Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Rizky Ananda Putra Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Yehezkiel Juan Matatula Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Indri Kharisma Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Metode kuantitatif, Kuesioner, Komunikasi, Pencarian informasi, Hiburan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas media sosial di kalangan mahasiswa Universitas Pamulang. Dengan menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner, data dikumpulkan dari mahasiswa aktif yang menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat dalam penggunaan media sosial untuk berbagai tujuan, termasuk komunikasi, pencarian informasi, dan hiburan. Rata-rata durasi dan frekuensi penggunaan media sosial cukup tinggi, dengan keterlibatan pasif yang dominan. Meskipun media sosial memberikan banyak manfaat, seperti kolaborasi akademik dan akses informasi, penggunaan yang berlebihan dapat mengganggu prestasi akademik dan kesehatan mental. Penelitian ini menyarankan perlunya pengelolaan yang lebih baik terhadap penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa untuk mencapai keseimbangan antara kegiatan akademik dan sosial.

References

Absyari, K. F., & Wibowo, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial dalamMinat Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Andriani, A. E. (2022). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19.

Ghifari, M., Mustika, V. E., Rosidah, H. K., & Kirana, A. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Adhiputranto, J., Putra, R. A., Matatula, Y. J., & Kharisma, I. (2022). Identifikasi Aktivitas Media Sosial Dikalangan Mahasiswa Di Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 135–139. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45500