Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia

Authors

  • Rania Puspita Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nina Shabrina Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Marketplace, daya saing, UMKM

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengalisis peran marketplace dalam meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia di era globalisasi saat ini, marketplace telah muncul sebagai platform utama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk meninglkatkan pendapatan, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah orang yang menggunakan internet di Indonesia semakin meningkat dan berkembang di era digital harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang harus berkembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis dekriptif sebagai metode kualitatif untuk memahami dan mendeskripsikan peran dalam meningkatkan daya saing UMKM. Adapun beberapa marketplace yang cukup popular di Indonesia antara lain Shopee, Tiktok Shop, Lazada, Tokopedia, Blibli. UMKM yang menggunakan marketplace memiliki peluang besar untuk menarik konsumen dengan jangkauan yang lebih luas dan meningkatkan daya saing di pasar.

References

Usaha, R. (2021). Mikro Kecil dan Menengah dalam Peningkatan Daya Saing di Era Ekonomi Digital. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master ….. https://ojs.unud.ac.id/index/php/jmhu/article/download/78411/42506

Agmalia, N. R. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELALUI MARKETING ONLINE (Studi pada usaha “Distro Bragga” … eprints.ubhara.ac.id. https://eprints.ubhara.ac.id/1303/

Sugiati, Y., Sari, Y., Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. …: Jurnal Pengabdian Kepada … https://repository.ubaya.ac.id/39011

Solihin, D., Sofi’i, I., Septiani, F., Astuti, W., Gandung, M., Muharam, H., ... & Yusnita, N. (2024). STRENGTHENING THE CAPACITY OF HEALTHY RICE MSMES THROUGH DIGITAL MARKETING AS A MODERN MARKETING STRATEGY. International Journal of Engagement and Empowerment (IJE2), 4(3), 398-404.

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.

Ramadhanti, D. I., & Gandung, M. (2024). PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ELANG LABUAN MURNI JAKARTA BARAT. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 2886-2896.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Puspita, R., & Shabrina, N. (2024). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 854–859. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46109