Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Modern Umkm

Authors

  • Restu Rahmat Ramadhan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nofiar Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Teknologi, pemasaran Moderen, UMKM, Efektivitas, Digitalisasi, E-commerce

Abstract

Perubahan signifikan telah terjadi akibat kemajuan teknologi di dunia bisnis, khususnya di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain menggunakan teknik tradisional, pemasaran modern juga memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas. Artikel ini membahas kontribusi signifikan teknologi dalam meningkatkan efektivitas pemasaran UMKM, termasuk analisis data, e-commerce, dan penggunaan media sosial. Kini, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih besar, lebih terlibat dengan pelanggan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka secara lebih efektif dan ekonomis berkat teknologi. UMKM dapat bersaing dengan bisnis yang lebih besar dengan menggunakan teknologi digital untuk merespons perubahan pasar dan perilaku konsumen dengan cepat. Artikel ini juga membahas kesulitan yang dialami UMKM dalam menerapkan teknologi dan menawarkan solusi untuk masalah tersebut. Singkatnya, teknologi merupakan faktor utama dalam evolusi pemasaran UMKM, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kelangsungan hidup dan daya saing perusahaan mereka..

 

References

(n.d.). Jurnal Komunikasi. https://jkm.my.id/index.php/komunikasi/article/view/22/29

References

Cache://fp.ub.ac.id/semnas/Paper/82_peran_media_sosial-yusuf_(508-515)-Google search. (n.d.). https://fp.ub.ac.id/semnas/Paper/82_peran_media_sosial-yusuf_(508-515)

Cache://ukmsumut.id/bisnis-ukm/produksi-umkm/produk-ukm-indonesia-go-international/ - Google search.(n.d.).https://ukmsumut.id/bisnis-ukm/produksi-umkm/produk-ukm-indonesia-go-international/

Kisah Sukses UMKM Yang melakukan Transformasi digital. (2023, August 30). School of Information Systems. https://sis.binus.ac.id/2023/08/30/kisah-sukses-umkm-yang-melakukan-transformasi-digital/

Pentingnya Teknologi digital Bagi UMKM - Google search. (n.d.). Google. https://www.google.com/search?q=Pentingnya+Teknologi+Digital+Bagi+UMKM&oq=Pentingnya+Teknologi+Digital+Bagi+UMKM&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOTIKCAEQABiABBiiBDIKCAIQABiABBiiBDIKCAMQABiABBiiBDIKCAQQABiiBBiJBTIKCAUQABiABBiiBNIBCTE3OTVqMGoxNagCCLACAQ&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Peran Teknologi digital Dalam Pengembangan UMKM – FSIP Teknokrat. (n.d.). FSIP Teknokrat – Faculty of Arts and Education. https://fsip.teknokrat.ac.id/peran-teknologi-digital-dalam-pengembanganumkm/#:~:text=Teknologi%20digital%20telah%20membuka%20pintu,meraih%20pertumbuhan%20yang%20lebih%20luas

View of peran TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM fashion Di era digital. (n.d.). Jurnal Komunikasi. https://jkm.my.id/index. php/komunikasi/article/view/22/29

Gandung, M. (2024). the Influence of Discipline and Work Motivation on Employee Performance. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Ramadhan, R. R., & Nofiar. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Modern Umkm. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 933–940. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46121