MOTIF MAHASISWA BERKULIAH DI UNIVERSIAS PAMULANG
Keywords:
Motivasi Mahasiswa BerkuliahAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi serta hal apa yang mendorong mahasiswa memilih Universitas Pamulang untuk berkuliah. Motivasi adalah kekuatan yang ada dalam diri seseorang yang mempengaruhi keinginan dan minat seseorang dalam mencapai tujuan, dalam pada hal ini pencapaian pendidikan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantiataf. Data didapat dari hasil kuesioner yang dikerjakan oleh beberapa mahasiswa Universitas Pamulang dari berbagai program studi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka sebab yang pertama mahasiswa memilih Universitas Pamulang berdasarkan survei adalah murahnya biaya kuliah, jadwal perkuliahan mahasiswa yang fleksibel karena mereka bekerja dan kampus yang dekat dengan perumahan mereka dan mudah dicari. Tentu ada yang diatomisasi dengan beberapa hal lain seperti almamater, beasiswa dan kualitas dosen menjadisalah satu sebab kenapa para mahasiswa memilh Universitas Pamulang sebagai tempat mencari ilmu di tingkat tinggi ini. Dari hasil penelitian ini diharapkan Universitas Pamulang harus lebih meningkatkan kualitas lembaganya dalam memberikan kebutuhan dan motivasi mahasiswa dengan segala fasilitas pendukungnya.
References
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Organizational behavior (18th ed.). Pearson Education.
Sukardi, D. (2019). Analisis Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 210-215.
McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. Princeton: Van Nostrand.
McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowell, E. L. (1953). The Achievement Motive. New York: Appleton-Century-Crofts.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nasution, M. S., & Fauzan, R. (2018). Penerapan Teori Motivasi McClelland dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 124-136.
McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. Princeton, NJ: Van Nostrand.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). New Jersey: Pearson.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.