Sikap Mahasiswa Universitas Pamulang Mengenai Perpindahan Ibu Kota Ke IKN (Kalimantan Timur)

Authors

  • Dhini Nurfitri Yani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Maulana Hafiz Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Adithia Alfiansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Derita Qurbani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemindahan Ibu Kota, Akses Pendidikan, Kualitas Pendidikan, Kalimantan Timur, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Indikator Pendidikan

Abstract

Pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan langkah strategis pemerintah Indonesia untuk mengurangi beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan. Selain aspek ekonomi budaya dan politik, pemindahan ini juga berpotensi membuka akses pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi masyarakat di wilayah baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator pendidikan di calon ibu kota baru dan mengevaluasi kesiapan wilayah tersebut dalam menyediakan akses pendidikan yang berkualitas. Metode yang digunakan adalah analisis survey dan data kuantitatif deskriptif dari mahasiswa pamulang terkait indikator pendidikan, dengan fokus pada capaian pendidikan rata-rata di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator pendidikan di kawasan calon ibu kota baru memiliki nilai rata-rata sebesar 2,937, yang mengindikasikan adanya tantangan dalam kualitas dan akses pendidikan yang harus segera diatasi. Meskipun demikian, pemindahan ibu kota ini juga membuka peluang besar untuk memperbaiki sistem pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan infrastruktur pendidikan dan pengembangan tenaga pendidik di wilayah IKN untuk mendukung keberhasilan pemindahan ibu kota serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.

Becker, G. S. (1964). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education. Chicago: University of Chicago Press.

Bourdieu, P. (1977). Outline of a Theory of Practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Eagly, A. H., & Chaiken, S. (1993). The psychology of attitudes. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Rostow, W. W. (1960). The Stages of Economic Growth: A Non-Communist Manifesto. Cambridge University Press.

Smelser, N. J. (1968). Essays in Sociological Explanation. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Yulianto, M. (2020). Sikap Mahasiswa terhadap Perubahan Sosial: Perspektif Keterlibatan dalam Organisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 89-102.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Yani, D. N., Hafiz, M., Alfiansyah, A., & Qurbani, D. (2024). Sikap Mahasiswa Universitas Pamulang Mengenai Perpindahan Ibu Kota Ke IKN (Kalimantan Timur). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1323–1327. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46466