Pengaruh Gadget Terhadap Motivasi Belajar

Authors

  • Raditha Amalia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Hesti Ramadhani Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rani Nuraeni Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Neneng Tita Amalya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengaruh gagdet, motivasi belajar,, teori maslow

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar remaja dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah mahasiswa berusia 18-24 tahun di wilayah Tangerang Selatan dan luar Tangerang selatan, yang diambil sebanyak 112 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang terdiri dari profil demografis responden, durasi penggunaan gadget harian, dan persepsi mengenai dampak gadget terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima indikator dalam teori Maslow (fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri) memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar. Penggunaan gadget terbukti mampu membantu remaja dalam memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan hierarki Maslow, yang berujung pada peningkatan motivasi belajar.

References

Kurniawati, D. (2020). Dampak Gadget Terhadap Proses Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 123-130.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Nugroho, T. (2021). Penggunaan Gadget dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 45-56.

Rahman, F. (2022). Media Sosial dan Motivasi Belajar Siswa: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 210-220.

Santoso, A. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Kualitas Tidur dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 11(4), 312-318.

Solihin, D., Sofi’i, I., Septiani, F., Astuti, W., Gandung, M., Muharam, H., ... & Yusnita, N. (2024). STRENGTHENING THE CAPACITY OF HEALTHY RICE MSMES THROUGH DIGITAL MARKETING AS A MODERN MARKETING STRATEGY. International Journal of Engagement and Empowerment (IJE2), 4(3), 398-404.

Gandung, M. (2024). the Influence of Discipline and Work Motivation on Employee Performance. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.

Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MAYA MUNCAR CABANG SUNTER PODOMORO KOTA JAKARTA UTARA. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Amalia, R., Ramadhani, H., Nuraeni, R., & Amalya, N. T. (2024). Pengaruh Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 868–874. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46112