Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Unit Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor

Authors

  • Rahmat Subur
  • Kasmad
  • Dedik Supardiono

DOI:

https://doi.org/10.32493/sekretarisskr.v11i2.42298

Keywords:

Kinerja Pegawai, Inovasi, Pelayanan Administrasi Terpadu

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Di Unit Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pada Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja pegawai di unit pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) dan faktor-faktor yang menghambat kinerja pegawai di unit pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) pada Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengambilan data yag digunakan adalah observasi, wawancara, dan Forum Group Discussion (FGD). Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Informan utama dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Parung Kabupaten Bogor sebanyak 25 orang informan serta 4 orang Pegawai Kantor Parung Kabupaten Bogor sebagai anggota FGD yang terdiri dari pimpinan dan sub jabatan terkait pelayanan dan kepegawaian. Hasil dan pembahasan penelitianini menunjukan Kinerja Pegawai Di Unit Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor kepada masyarakat kurang optimal dimana masih terjadi keterlambatan waktu dalam pembuatan dokumen kependudukan, kejelasan persyaratan, sikap dan perilaku pegawaiyang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun dari hal tersebut sistem pelayanan sudah inovatif dengan penerapan pelayanan online via aplikasi dengan tujuan mempermudah masyarakat dan sikap tanggung jawab pegawai yang tinggi. Faktor-faktor yang menghambat kinerja pegawai Kantor Kecamatan Parung Kabupaten Bogor dari hasil wawancara dan FGD serta observasi langung peneliti yang menjadi penghambat adalah kurangnya Informasi yang diketahui masyarakat, tidak lengkapnya data pemohon, tumpang tindih data administrasi.


Kata-kata Kunci: Kinerja Pegawai, Inovasi, dan Pelayanan Administrasi Terpadu

References

DAFTAR PUSTAKA

Affandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekan Baru: Zenafa Publishing.

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Edi Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hasibuan. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Kadir, Abdul. (2017). Studi Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik, Cetakan II. Sumatera Barat: CV. Dharma Persada.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin W.L. (2020). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Pasolong, Harbani. (2019). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

PERATURAN BUPATI BOGOR NOMOR 25 TAHUN 2014 TENTANG URAIAN TUGAS PERSONIL PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DI KABUPATEN BOGOR

Robbins, Stephen P. (2016). Manajemen edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Ropi, Pransiska, Agustinus Fritz Wijaya, and Frederik Samuel Papilaya. (2021). “Analisis Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat.” Buletin Poltanesa 22(1):11–14. doi: 10.51967/tanesa.v22i1.465.

Santosa, Yudi, (2020). Inovasi MAMI PAPI Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.

Sedarmayanti. (2020). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV.Mandar Maju.

Sinambela. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo dan Suryanto, Adi. (2018). Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Wasistino, Sadu. (2018). Kapita Selekta Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Jatinangor: Alqaprint.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Rahmat Subur, Kasmad, & Dedik Supardiono. (2024). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Unit Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 11(2), 254–269. https://doi.org/10.32493/sekretarisskr.v11i2.42298

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.