Dampak Jual Beli Online Terhadap Pedagang Kaki Lima di Pasar Tradisional Ciputat Tangerang Selatan
Keywords:
Online Shop, pedagang kaki lima, Pasar TradisionalAbstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar baik dari segi produksi maupun dari segi pemasaran dan dari segi pasar konsumenpun juga berubah. Produsen selalu dituntut untuk berinovasi mengikuti tends pasar yang menjadi kesukaan konsumen. Dari segi pemasaran produk yang tadinya dilakukan dengan cara beriklan di televisi atau media cetak dengan biaya mahal sekarang pemasaran produk cukup melalui media internet atau menggunakan media sosial dengan biaya murah dan cepat. Dari segi pasar konsumenpun berubah yang tadinya belanja kita harus datang ke pasar atau toko-toko swalayan sekarang konsumen cukup dengan gedgetnya pilih situs-situs Online, pesan barang yang kita inginkan akan cepat kita dapatkan. Bisnis Online berkembang sangat pesat tanpa mengenal batas waktu dan tempat, jual beli melalui internet sebagai media penghubung dan website sebagai katalog pemasaran lebih praktis dan efisien karena tidak mengharuskan pertemuan langsung antara penjual dengan pembeli, bahkan bisnis Online jangkauannya lebih luas bisa mencapai seluruh dunia, itulah yang membuat bisnis Online sangat diminati banyak orang, dilihat dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan dan popularitas. Dengan adanya internet sebuah paradigma baru lahir dunia disibukkan oleh pengguna internet terutama oleh pelaku bisnis hal ini akan berdampak keuntungan bagi pelaku e-commerce dan e-bussines. Pengetahuan teknologi internet sangat berpengaruh terhadap asing yang diharapkan pengguna dalam bertransaksi melalui website, hasil yang diharapkan outcom expectation dapat memperkirakan sebuah tingkah laku yang akan menghasilkan sesuatu.
Kata Kunci : Online Shop,pedagang kaki lima, Pasar Tradisional
Abstract
The development of information technology has brought major changes both in terms of production and marketing and in terms of consumer markets have also changed. Producers are always required to innovate following market trends that are consumer preferences. In terms of product marketing, which was previously done by advertising on television or print media at high costs, now product marketing is sufficient through the internet or using social media at low costs and quickly. In terms of the consumer market, it has also changed, which used to be that we had to go to the market or supermarkets, now consumers simply choose online sites with their gadgets, order the goods we want and we will get them quickly. Online business is growing very rapidly without knowing the limits of time and place, buying and selling via the internet as a connecting media and websites as marketing catalogs are more practical and efficient because they do not require direct meetings between sellers and buyers, even online businesses have a wider reach and can reach the whole world, that's what makes online businesses very popular with many people, in terms of service, effectiveness, security and popularity. With the internet, a new paradigm was born, the world is busy with internet users, especially business people, this will have an impact on the benefits of e-commerce and e-business actors. Internet technology knowledge has a great influence on the expected foreign users in transacting through the website, the expected outcome expectation can predict a behavior that will produce something.
Keywords: Online Shop, street vendors, Traditional Market
References
Daftar Pustaka
Abdul Halim.2010. Dasar-dasarAkuntansi Biaya.Edisi4. Yogyakarta: BPFE.
Alhasanah, Jihan Ulya., Kertahadi dan Riyadi.2014. Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com). Jurnal Administrasi Bisnis(JAB). Vol. 15 No. 2 Oktober 2014.
Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service
Ansari, Dedy Harahap dan Dita Amanah, Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sunatera Utara,Universitas Negeri Medan (jurnal riset manajemen sains indonesia, 2018).
Armstrong, Kotler.2015, Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, Inc.
Laohapensang, O.2009.“factor ibfluencing internet Shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand”. Jurnal of fashion marketing and management vol.13 No 4, 2009 pp.501-513.
Ollie. 2008. Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta. Media Kita.
Rahmat, Sulfiana,dkk, Jurnal Pengaruh Online Shop Terhadap Minat Beli Mahasiswa Stain Parepare.
Saputri, M.E, 2016, Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia,
Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.
Teguh Arifiyadi, Perlindungan Konsumen, Indonesia Cyber Law Community (ICLC)
Jurnal:
Oliver dan Shapiro 1993, Journal of International Technology and Information
Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)|vol 9, No.2, 2018
Website :
https://www.kppu.go.id/docs/UU/UU_No.5.pdf
https://www.internetworldstats.com (2019)
https://www.internetworldstats.com (2020)
https://www.liputan6.com/tekno/read/3068210/ini-10-toko-online-terbaik-di-indonesia
https://www.hestanto.web.id/online-shop/
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181213200948-185-353530/kominfo- perlindungan-konsumen-e-commerce-telah-diatur-uu-ite
http://ikrimash.blogspot.com/2015/10/perbedaan-pasar-tradisional-dan-online.html
(review daftar Pustaka : Antara bodynote dan daftar pustaka harus sesuai.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.