Dampak Jual Beli Online Terhadap Pedagang Kaki Lima di Pasar Tradisional Ciputat Tangerang Selatan

Authors

  • Zaki Zainal Arifin
  • Dyas Mulyani Benazir

Keywords:

Online Shop, pedagang kaki lima, Pasar Tradisional

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar baik dari segi produksi maupun dari segi pemasaran dan dari segi pasar konsumenpun juga berubah. Produsen selalu dituntut untuk berinovasi mengikuti tends pasar yang menjadi kesukaan konsumen. Dari segi pemasaran produk yang tadinya dilakukan dengan cara beriklan di televisi atau media cetak dengan biaya mahal sekarang pemasaran produk cukup melalui media internet atau menggunakan media sosial dengan biaya murah dan cepat. Dari segi pasar konsumenpun berubah yang tadinya belanja kita harus datang ke pasar atau toko-toko swalayan sekarang konsumen cukup dengan gedgetnya pilih situs-situs Online, pesan barang yang kita inginkan akan cepat kita dapatkan. Bisnis Online berkembang sangat pesat tanpa mengenal batas waktu dan tempat, jual beli melalui internet sebagai media penghubung dan website sebagai katalog pemasaran lebih praktis dan efisien karena tidak mengharuskan pertemuan langsung antara penjual dengan pembeli, bahkan bisnis Online jangkauannya lebih luas bisa mencapai seluruh dunia, itulah yang membuat bisnis Online sangat diminati banyak orang, dilihat dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan dan popularitas. Dengan adanya internet sebuah paradigma baru lahir dunia disibukkan oleh pengguna internet terutama oleh pelaku bisnis hal ini akan berdampak keuntungan bagi pelaku e-commerce dan e-bussines. Pengetahuan teknologi internet sangat berpengaruh terhadap asing yang diharapkan pengguna dalam bertransaksi melalui website, hasil yang diharapkan outcom expectation dapat memperkirakan sebuah tingkah laku yang akan menghasilkan sesuatu.

Kata Kunci : Online Shop,pedagang kaki lima, Pasar Tradisional

 

Abstract

The development of information technology has brought major changes both in terms of production and marketing and in terms of consumer markets have also changed. Producers are always required to innovate following market trends that are consumer preferences. In terms of product marketing, which was previously done by advertising on television or print media at high costs, now product marketing is sufficient through the internet or using social media at low costs and quickly. In terms of the consumer market, it has also changed, which used to be that we had to go to the market or supermarkets, now consumers simply choose online sites with their gadgets, order the goods we want and we will get them quickly. Online business is growing very rapidly without knowing the limits of time and place, buying and selling via the internet as a connecting media and websites as marketing catalogs are more practical and efficient because they do not require direct meetings between sellers and buyers, even online businesses have a wider reach and can reach the whole world, that's what makes online businesses very popular with many people, in terms of service, effectiveness, security and popularity. With the internet, a new paradigm was born, the world is busy with internet users, especially business people, this will have an impact on the benefits of e-commerce and e-business actors. Internet technology knowledge has a great influence on the expected foreign users in transacting through the website, the expected outcome expectation can predict a behavior that will produce something.

Keywords: Online Shop, street vendors, Traditional Market

References

Daftar Pustaka

Abdul Halim.2010. Dasar-dasarAkuntansi Biaya.Edisi4. Yogyakarta: BPFE.

Alhasanah, Jihan Ulya., Kertahadi dan Riyadi.2014. Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com). Jurnal Administrasi Bisnis(JAB). Vol. 15 No. 2 Oktober 2014.

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service

Ansari, Dedy Harahap dan Dita Amanah, Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sunatera Utara,Universitas Negeri Medan (jurnal riset manajemen sains indonesia, 2018).

Armstrong, Kotler.2015, Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, Inc.

Laohapensang, O.2009.“factor ibfluencing internet Shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand”. Jurnal of fashion marketing and management vol.13 No 4, 2009 pp.501-513.

Ollie. 2008. Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta. Media Kita.

Rahmat, Sulfiana,dkk, Jurnal Pengaruh Online Shop Terhadap Minat Beli Mahasiswa Stain Parepare.

Saputri, M.E, 2016, Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia,

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.

Teguh Arifiyadi, Perlindungan Konsumen, Indonesia Cyber Law Community (ICLC)

Jurnal:

Oliver dan Shapiro 1993, Journal of International Technology and Information

Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)|vol 9, No.2, 2018

Website :

https://www.kppu.go.id/docs/UU/UU_No.5.pdf

https://www.internetworldstats.com (2019)

https://www.internetworldstats.com (2020)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3068210/ini-10-toko-online-terbaik-di-indonesia

https://www.hestanto.web.id/online-shop/

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181213200948-185-353530/kominfo- perlindungan-konsumen-e-commerce-telah-diatur-uu-ite

http://ikrimash.blogspot.com/2015/10/perbedaan-pasar-tradisional-dan-online.html

(review daftar Pustaka : Antara bodynote dan daftar pustaka harus sesuai.)

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Zaki Zainal Arifin, & Dyas Mulyani Benazir. (2025). Dampak Jual Beli Online Terhadap Pedagang Kaki Lima di Pasar Tradisional Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 12(1), 115–130. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/47319

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.