Telaah Teoritis Tentang Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam di Era Digital

Authors

  • Mahliga Fitriansyah Universitas Pamulang
  • M. Mamduh Nuruddin Universitas Pamulang
  • Nur Fadila BT Alizar

Keywords:

Pendidikan Islam, Era Digital, Tantangan, Peluang

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh era digital terhadap pendidikan Islam. Melalui metode studi pustaka, penulis menganalisis berbagai literatur dan teori yang relevan guna memberikan pemahaman komprehensif mengenai dinamika pendidikan Islam di era digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa era digital membuka peluang luas dalam penyebaran ilmu pengetahuan Islam melalui media digital, namun juga menghadirkan tantangan serius seperti krisis otoritas keilmuan, disinformasi, serta degradasi etika digital di kalangan peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan Islam perlu melakukan adaptasi dan inovasi kurikulum serta penguatan karakter guna menjawab tantangan tersebut. Artikel ini memberikan rekomendasi teoritis bagi pengembangan pendidikan Islam yang relevan dengan tuntutan zaman.

References

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Hidayatullah, M. (2018). Literasi Digital dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 45–56.

Nasution, H. (2014). Pendidikan Islam di Era Modern. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugroho, R. A. (2020). Digitalisasi Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan. Jurnal Studi Islam, 15(2), 112–125.

Wahid, A. (2021). Islam dan Media Sosial: Antara Dakwah dan Disrupsi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suyanto, A. (2020). Strategi Dakwah Digital di Era Media Sosial. Jurnal Ilmu Dakwah, 14(1), 78–93.

Marzuki, M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring di Madrasah pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 134–148.

Nurfadilah, D. (2021). Pengaruh Penggunaan LMS terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EduTech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(3), 201–215.

Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97.

Selwyn, N. (2016). Education and Technology: Key Issues and Debates. London: Bloomsbury Academic.

Al-Azhar, A. & Rahman, F. (2023). Islamic Education in the Digital Age: A Global Perspective. International Journal of Islamic Studies, 9(1), 1–17.

Hussin, S. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92–98.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Published

2025-05-01

How to Cite

Fitriansyah, M., Nuruddin, M. M., & BT Alizar, N. F. (2025). Telaah Teoritis Tentang Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam di Era Digital. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 60–69. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/48562

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.