Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Dalam Peningkatan Kepuasan Konsumen (Studi pada Starbucks Coffee Galaxy Mall)

Authors

  • Tiza Alia Maghfirani Universitas Pembangunan Nasional Surabaya "Veteran Jawa Timur"
  • Lisa Sulistyawati Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.11070

Keywords:

Service Quality, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kinerja kualitas pelayanan dengan tingkat kepentingan (importance) Kualitas Pelayanan pelanggan dan tingkat kepuasan (satisfaction) konsumen Starbucks Coffe Surabaya serta untuk mengetahui dan menganalisa atribut-atribut yang menjadi prioritas perbaikan peningkatan kualitas pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan membeli di Starbucks Galaxy Mall minimal 2 kali pembelian dan berusia 20-50 tahun. Sedangkan sampel yang diambil berjumlah 100 orang/responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan Importance Performance Analysis dan Potential Gain in Customer Value dengan menggunakan alat bantu MS. Office Excel Versi 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total dari nilai tingkat kinerja (Xi) yaitu, 8111. Total dari nilai tingkat kepentingan (Yi), yaitu 9209. Dan total dari nilai tingkat kesusaian responden (Tki) sebesar 88,06%. Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa atribut P19 merupakan prioritas ke-1 dengan indeks PGCV sebesar 7.55, atribut P13 merupakan prioritas ke-2 dengan indeks PGCV sebesar 6.65, dan atribut P21 merupakan prioritas ke-3 dengan indeks PGCV sebesar 6.63.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa; Tangibles; Reliability; Responsiveness; Assurance; Emphaty.

Author Biography

Tiza Alia Maghfirani, Universitas Pembangunan Nasional Surabaya "Veteran Jawa Timur"

Fakultas Ekonomi, Universitas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur.

References

Arindiaty, A., & Bernik, M. (2017). Kepuasan Konsumen Di Baker Street Cafe Bandung. Jurnal Bisnis Terapan, 01(2580–4928), 44.

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.

Assauri. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). 15(1), 177.

Assauri Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Danang Sunyoto. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. CAPS.

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fandy, T. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (2nd ed.). Andi.

Fandy, T. (2015). Pemasaran Jasa (Banyumedia (ed.)).

Fandy, T. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.

Farida, J. (2012). Teori dan Aplikasi Sembilan Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa: Sumber Daya Manusia, Inovasi, dan Kepuasan Pelanggan. Salemba Empat.

Ishak, M., & Waworuntu, A. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Ballaparang Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen …, 1(2). http://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/430

Juni Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnin Kontemporer. Alfabeta.

Kotler, A. B. P. (2014). Konsep Kepuasan Philip Kotler. Konsep Kepuasan Philip Kotler.

Lupiyoadi, R. dan H. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa (2nd ed.). Salemba Empat.

Riady, V. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada PT Merpati Nusantara Airlines Semarang). Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).

Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Maghfirani, T. A., & Sulistyawati, L. (2021). Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Dalam Peningkatan Kepuasan Konsumen (Studi pada Starbucks Coffee Galaxy Mall). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 354–64. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.11070

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.