Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia, Usia dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Camat Ambalawi Kabupaten Bima

Authors

  • Ayu Lestari Program Studi Manajemen, STIE, Bima, Nusa Tenggara Barat,Indonesia
  • Ikbal Irawan Program Studi Manajemen, STIE, Bima, Nusa Tenggara Barat,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.21242

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Usia, Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh manajemen sumber daya  manusia, usia  dan  budaya  organisasi terhadap kualitas pelayanan  pada Kantor Camat Ambalawi Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi pada penlitian berjumlah 37 orang dengan teknik sampel total population. Data dianalisis dengan menggunakan asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi (R2 ), uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial manajemen sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Usia berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan. Budaya organisasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan. Secara simultan manajemen sumber daya manusia, usia dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada kantor camat Ambalawi Kabupaten Bima.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Apriliyanti, Selvia, 2017, Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus: PT. OASIS Water International Cabang Palembang), Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, Vol 1, No 2

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Dahlan, Djamil Hasim, 2017. Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 4, No. 2

Dewi Maharani, 2018, Pengaruh Manajen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pegawai pada Kantor Camat Kecematan Cikijing Kabupaten Majalengka.

Dwiyanto, A. 2013. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada Press

Djamil Hasim 2017. Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran Vol. 4, No. 2

Eka Candra Nadialis, Hubungan Usia dan Masa Kerja dan Beban Kerja dengan Stress Kerja Karyawan, (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2014) Vol. 2 No.2

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta : Gava Media

Herawati, Putry 2018, Pengaruh Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Pemerintah Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Luar Jaringan (offline), 2016. Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Liao, H., & Chuang, A. 2014. A Multilevel Investigation Of Factors Influencing Employee Service Performance And Customer Outcomes. Academy of Management Journal, 47(1), 41–58

Molan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesembilan. Bandung: Pustaka Setia

Pfeffer, J., & Salancik, G. R. 2013. The external control of organizations: A resource dependence perspective. Stanford University Press

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (Edisi Ketiga). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Tangkilisan, H. N. S. 2015. Manajemen Publik. Jakarta. Grasindo

Umar. Husein. 2014. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Ed. 2. Cet. 13. Jakarta: Rajawali Pers

Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi.. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yusuf, A. M. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Lestari, A., & Irawan, I. (2022). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia, Usia dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Camat Ambalawi Kabupaten Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(5), 415–426. https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.21242

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.