Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Decision Batam Ogura dengan Brand Image sebagai Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i3.29639Keywords:
Celebrity Endorser, Electronic-Word of Mouth, Brand Image, Purchase Decision, Batam OguraAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan E-WOM terhadap keputusan pembelian Batam Ogura dengan brand image sebagai mediasi. Selain lokasinya yang strategis karena berlokasi di Kota Batam yang merupakan perbatasan antara Singapura dan Malaysia, Batam Ogura juga bergerak di bidang kuliner yang merupakan salah satu subsektor dengan penyumbang PDB tertinggi dalam industri ekonomi kreatif. Seluruh individu yang berusia di atas 17 tahun yang membeli produk dari Batam Ogura dijadikan sebagai objek penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah non-probability yaitu judgmental sampling. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google-form. Peneliti berhasil mengumpulkan 220 responden, 215 di antaranya ditindaklanjuti untuk analisis data. Skala Likert digunakan sebagai skala pengukuran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara celebrity endorser terhadap brand image, E-WOM terhadap brand image, celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, brand image terhadap keputusan pembelian, selebriti terhadap keputusan pembelian melalui brand image. nilai. dan E-WOM pada keputusan pembelian yang disampaikan melalui brand image. Namun, hasil penelitian ini tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara E-WOM dengan keputusan pembelian.
References
Annur, C. M. (2022). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*).
Badan Pusat Statistik. (2022). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2022. Www.Bps.Go.Id, (13), 12.
Bagus, I. G., Stiawan, H., & Jatra, I. M. (2022). The Role of Brand Image Mediate the Influence of Price Fairness on Purchase Decisions for Local Fashion Brand Products, 7(3), 114–117.
Fajry, T. K., Saputro, H., Afnawati, I., Salsabila, A. G., Putri, S. N., & Muna, K. N. (2022). Seminar Dan Pelatihan Digitalisasi Sebagai Pendorong Pengembangan Umkm Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kelurahan Darmo Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 52–62.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 untuk Penelitian Empiris. Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Gunawan, D., & Pertiwi, A. D. (2022). Pengaruh Label Halal , Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap, 8(01), 815–824.
Hair, et al. (2019). When to Use and How to Report the Result of PLS-SEM. European Business Review Vol. 31 no 1.(2019). https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Helmi, S., Ariana, S., & Supardin, L. (2022). The Role of Brand Image as a Mediation of The Effect of Advertising and Sales Promotion on Customer Purchase Decision. Journal of Economics and Sustainable Development, 13(8). https://doi.org/10.7176/jesd/13-8-09
Henseler, J., & Fassott, G. (2010). Testing Moderating Effects in PLS Path Models : An Illustration of Available Procedures. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8
Indah, S., Bulan, S., & Sudrajat, R. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Arief Muhammad di Instagram Terhadap Brand Image Erigo Store. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 5(2), 322–332.
Jaya, A. S., & Salim, A. (2017). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(2), 120–323.
Kadek, N., Yohana, Y., Ayu, K., Dewi, P., Ayu, I. G., & Giantari, K. (2020). The Role of Brand Image Mediates the Effect of Electronic Word of Mouth ( E-WOM ) on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 215–220.
KEMENPAREKRAF. (2022). Indikator Makro Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021/2022.
Kusmiati, R., & Maarif, M. S. (2022). Product Purchase Decision Analysis from Bittersweet by Najla Dessert Box. International Journal of Research and Review, 9(January), 423–445.
Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 75–82.
Lestari, M., & Wahyono. (2021). The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion on Purchase Decision Through Brand Image. Management Analysis Journal, 10(2). https://doi.org/10.15294/MAJ.V10I2.45545
Lestarie, N. A., Budianto, A., & Prabowo, F. H. E. (2020). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 194–200.
Luthfiyatillah, Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom ( Electronic Word Of Mouth ) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian Konten Sosial Media Yang Sering di Kunjungi. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 101–115.
Manggalania, L. K., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement , Country of Origin dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening, 10, 1–15.
Mubarokah, S., & Rita, M. R. (2020). Anteseden Perilaku Konsumtif Generasi Milenial : Peran Gender Sebagai Pemoderasi. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 211–220.
Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p16
Niawati, & Purwianti, L. (2022). Analysis of e-WOM , Brand Attitude , Brand Image on Purchase Intention Abstrak. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 356–366.
Prakoso, T. H. S., & Nathasya, V. (2022). THE EFFECTS OF CELEBRITY ENDORSEMENT, CELEBRITY ATTRIBUTES, BRAND IMAGE AND E-WOM ON PURCHASE DECISIONS THROUGH INSTAGRAM. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(3), 259–267.
Purwianti, L. (2022a). Pengaruh Religiostik , EWOM , Brand Image dan Attitude terhadap Purchase Intention. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 5(1), 40–50.
Purwianti, L. (2022b). The Influence of Halal Awareness, EWOM Towards Intention To Buy Halal Cosmetics: The Role of Mediation Attitude. Journal of Business Studies and Management Review (JBSMR), 5(2), 281–287.
Putra, D. P. I. D., & Suparna, G. (2019). The Role of Brand Image Mediates The Effect of Product Quality on Purchasing Decisions, 7(1), 596–605.
Putra, D. S., Yulianti, F., & Abdurrahim, A. (2020). Attracting Customers Interest through Celebrity Endorses for Marketplace. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 84–92. https://doi.org/10.15294/jdm.v11i1.22784
Rahmah, R. M., & Supriyono. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(2), 2352–2359. https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i2.5710
Rosdiana, M. F., & Hasanah, Y. N. (2022). The Influence of Social Media Marketing and Price on Purchase Decisions Through Brand Image as An Intervening Variable (Samsung Smartphone). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3), 23382–23391. https://doi.org/Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal)
Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorser, Citra Merek, Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Kasus pada Produk Scarlett). Manajerial, 21(1), 95–110.
Rosita, D. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 04(September), 494–505.
Saraswati, A. R., & Giantari, I. G. A. K. (2022). Brand Image Mediation of Product Quality and Electronic Word of Mouth on Purchase Decision. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 9(1), 97–109. https://doi.org/10.21744/irjmis.v9n1.2012
Statista. (2023). Countries with the largest digital populations in the world as of January 2023.
Tauran, R. H., Andriani, D. R., Hartati, A. S., & Isaskar, R. (2022). The Effect of Social Media Marketing on the Purchase Decision of Kooka Coffee Products Using Brand Image As a Mediation Variable. Agricultural Socio-Economics Journal, 22(3), 223–232.
Tayl, S. J., & Yunita Budi Rahayu Silintowe. (2021). Celebrity Endorser dan Keputusan Pembelian untuk Generasi Z : Efek Mediasi Citra Merek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2).
Victoria, M., & Purwianti, L. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Produk Skincare Dengan Mediasi Trust pada Kalangan Generasi Z di Kota Batam. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(September), 465–475. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.572
Wajdi, M. F., & Aji, H. M. (2020). Factors affecting the intention to purchase halal cosmetics on Instagram : E-WOM and Brand Image. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.1108/AJIM.vol2.iss1.art1
Widiastiti, N. M. G., Yasa, N. N. K., & Rahanata, G. B. (2020). The Role of Brand Image In Mediating The Relationship of Product Quality And Price Fairness With Purchase Decision (A Case Study of the IPhone Product in Denpasar City). International Journal of Economics and Management Studies, 7(4), 199–207. https://doi.org/10.14445/23939125/ijems-v7i4p124
Widyasari, K. A., & Suparna, G. (2021). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Celebrity Endorsers on Repurchase Intention. European Journal of Business and Management Research, 7(3), 179–183.
Yuliana, Y., Falahi, A., Safina, W. D., & Harahap, N. (2023). Implementasi E-Marketing Kelompok Budidaya Trigona Batu Katak. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 24–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.