E-WOM, Social Media Marketing dan E-Trust: Era Baru dalam Keputusan Pembelian Online
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i6.41319Keywords:
Keputusan Pembelian ; E-WOM ; Pemasaran Media Sosial; Kepercayaan OnlineAbstract
Pergeseran perilaku konsumen ke arah pembelian online menjadi salah satu pendorong perubahan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM, Social Media Marketing dan E-Trust terhadap keputusan pembelian online pada e-commerce Shopee. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang telah melakukan keputusan pembelian online pada market place Shopee di Sragen. Pemilihan sampel didasarkan pada rumus Lemeshow menggunakan non probabity sampling dengan tehnik accidental sampling diperoleh 100 responden. Kuisioner disebarkan dengan bantuan google form melalui instastory Instagram dan story Wathapp, selanjutnya diukur dengan skala Liker 1-5. Metode analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM dan E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online pada marketplace Shopee. Namun Social Media Marketing tidak mampu membuktikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Shopee. Adjusted Kemampuan E-WOM, social media marketing, dan e-trust mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 59,7% sisanya 40,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Agag, G., Ali Durrani, B., Hassan Abdelmoety, Z., Mostafa Daher, M., & Eid, R. (2024). Understanding the link between net promoter score and e-WOM behaviour on social media: The role of national culture. Journal of Business Research, 170(September 2023), 114303. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.114303
Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916
Bachri, N., Asnawi, A., & Febriansyah, S. (2022). Digital Marketing: Determinasi Keputusan Berbelanja Online. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 132–139. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.868
Barger, V., Peltier, J. W., & Schultz, D. E. (2016). Social media and consumer engagement: a review and research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 10(4), 268–287. https://doi.org/10.1108/JRIM-06-2016-0065
Chan, B., Purwanto, E., & Hendratono, T. (2020). Social Media Marketing, Perceived Service Quality, Consumer Trust and Online Purchase Intentions. Technology Reports of Kansai University, 62(10), 6265–6272. https://www.researchgate.net/publication/346973042
Devi, S., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Peran e-Wom e-Service Quality dan e-Trust dalam Menentukan Keputusan Pembelian. Jesya, 6(2), 1888–1898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1187
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Vol 2 Nomor 2 Februari 2021 28 Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 28–42. www.validnews.id,
Eliza, E. (2023). Analysis of E-Marketing, Social Media Marketing, and E-Wom on Consumer Purchase Decisions. Economica, 12(1), 43–48. https://doi.org/10.22202/economica.2023.v12.i1.6876
Elsa Rizki Yulindasari, K. F. (2022). Journal of Islamic Economics and Finance Studies-Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. 3(1), 55–69. https://ejournal.upnvj.ac.id/JIEFeS/article/view/4293%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+e-WoM+%28Electronic+Word+of+Mouth%29+terhadap+Keputusan+Pembelian+Kosmetik+Halal+di+Shopee&btnG=
Hana, K. F., & Miranti, A. R. (2021). The Impact of Online Consumer Reviews, E-Service Quality, and Content Marketing on Purchasing Decisions on the Shopee Seller Marketplace, with Islamic Business Ethics as a Moderation Variable. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 345. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.13477
Hasan, M., & Sohail, M. S. (2020). The Influence of Social Media Marketing on Consumers’ Purchase Decision: Investigating the Effects of Local and Nonlocal Brands. Journal of International Consumer Marketing, 33(3), 1–18. https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1795043
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Kambali, I., & Masitoh K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pati 59100. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 1–10.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Harlow : Pearson Education.
Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal. Development of Research Management : Jurnal Manajemen, 15(2), 244–256.
Kumar, S., Prakash, G., Gupta, B., & Cappiello, G. (2023). How e-WOM influences consumers’ purchase intention towards private label brands on e-commerce platforms: Investigation through IAM (Information Adoption Model) and ELM (Elaboration Likelihood Model) Models. Technological Forecasting and Social Change, 187. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/ j.techfore.2022.122199
Massie, K. S. (2016). the Effect of Social Media, Direct Email, and Electronic Word-of Mouth (E-Wom) on Consumer Purchase Decision At Zalora Fashion Online Store. The Effect Of… Jurnal EMBA, 714(2), 714–725.
Meybiani, O., & Faustine, G. (2019). Pengaruh Ewom dan online trust terhadap purchase intention di Agoda. Universitas Kristen Petra.
Nazri Wahdana, M. (2022). The Effect Of E-Wom, E-Trust And E-Service Quality Islamic On Purchase Decisions On Ms Glow Skincare Products, S under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 11(03), 2022. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
Ningtiyas, A. W., Muslih, B., & Soedjoko, D. K. H. (2022). Analisis pengaruh e-service quality, e-trust dan harga terhadap keputusan pembelian di artee collection nganjuk. Simposium Manajemen Dan Bisnis I Prodi Manajemen FEB UNP Kediri Tahun 2022, 1(Vol. 1 (2022): Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis), 214–222. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/ article/view/1820
Nofela, N. P., & Saputri, M. E. (2022). The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 258–264. https://doi.org/10.36555/almana.v6i2.1801
Pang, H., Qiao, Y., & Zhang, K. (2024). Modeling pathway linking mobile social media intensity to attitude towards electronic word-of-mouth and engagement: The significant role of social trust and perceived homophily. Technological Forecasting and Social Change, 198. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123023
Prayogo, N. S., Sondang Kunto, Y., Raharja, M. S., Putu, N., Eleison, G. K., Budiono, A. G., & Program, M. M. (2024). Pengaruh Brand Familiarity dan Perceived Nostalgia Terhadap Post-Purchase Intention Jajan Tradisional Srabi Notosuman Pada Generasi Millennial dan Gen Z. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id
Rahayu, A., Efendi, B., & Nurhayati, C. E. (2024). Pengaruh E-trust, E-service Quality, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui E-commerce Bukalapak di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, volume 4(Nomer 1, Februari 2024), 32–43.
Sari, I., Rinawati, T., & Rizkiana, C. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Online Consumer Review (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Solusi, 20(2), 160. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5147
Setiawan, Y., & Hamdi, E. (2022). Factors Affecting Consumer Attitudes and Intentions on the Intention to Buy Products through Retail Brand Pages on Social Media: Office Workers in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1), 1543–1558. https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3756
Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329
Sriyanto, A. (2024). The Influence Of The E-WOM, E-Trust, and E-Service on Purchase Decision. International Journal of Social Service and Research, 4(03), 1008–1017. https://doi.org/10.46799/ ijssr.v4i03.757
Sudirgo, G., & Cahyadi, L. (2024). Measuring the Role of Social Media and E-word of Mouth on Purchase Intention of Secondate Make-up Products. KINERJA, 28(1), 74–90. https://doi.org/10.24002/ kinerja.v28i1.8338
Sudirjo, F., Ratnawati, Hadiyati, R., Sutaguna, I. N. T., & Yusuf, M. (2023). The Influence Of Online Customer Reviews And E-Service Quality On Buying Decisions In Electronic Commerce Ratnawati 2 Politeknik Pertanian Negeri Pangkep 2. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(2), 156–181. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi (Pertama). Pustaka Baru Press.
Susilowati, H., & Agustiya, A. (2022). Peran Online Consumer Review dan Trust Dalam Keputusan Pembelian Online. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 2(1), 75–82. https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.143
Terrasista, N. C., & Sidharta, H. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Dan Citra Merek Terhadap Minta Beli Konsumen Proyek Bisnis Kaku. Performa, 7(4), 385–399. https://doi.org/10.37715/jp.v7i4.1962
Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14
Vongurai, R., Elango, D., Phothikitti, K., & Dhanasomboon, U. (2018). Social Media Usage, Electronic Word of Mouth and Trust Influence Purchase-Decision Involvement in Using Traveling Services. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6(4), 32–37. www.apjmr.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Heni Susilowati, Annisa Annur Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.