Pengaruh Digital Marketing, Influencer Marketing, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Make Over
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i6.54816Keywords:
Pemasaran Digital; Pemasaran Influencer; Citra Merek; Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, influencer marketing, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Make Over dengan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden pengguna Make Over di Sidoarjo. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert dan dianalisis menggunakan Smart Partial Least Square (PLS) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t-statistik 2.012 (>1,96) dan p-value 0.044 (<0,05); influencer marketing juga berpengaruh signifikan dengan t-statistik 1.969 (>1,96) dan p-value 0.049 (<0,05); serta brand image memiliki pengaruh signifikan dengan t-statistik 4.365 (>1,96) dan p-value 0.000 (<0,05). Temuan ini menegaskan bahwa ketiga variabel tersebut secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian produk Make Over.
References
Alya, F. (2024). Fast Beauty, Dampak dan Solusi untuk Timbulan Sampahnya. GOODNEWS FROM INDONESIA.
Andrian Leguina. (2015). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).
Anggraini, F., Ahmadi, M. A., & Surakarta, U. M. (2025). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z : Literature Review. 3.
Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022. (2022).
Christovel, R. (2024). Mengenal Istilah Fast Beauty Skincare dan Mengapa Produk Ini Makin Populer. Klikdokter.
Cosmetics And Personal Care Stores Global Market Report 2025. (2025). The Business Research Company.
DE CORRAL, J. M. (1959). Severo Ochoa, winner of the Nobel Prize for physiology and medicine. His life and work. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).
Dzakirah, F., Nasrul, N., & Sinarwaty, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over Di Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 84. https://doi.org/10.55598/jmk.v13i1.23311
Fadhilla Rizqa, & Nora Pitri Nainggolan. (2024). Pengaruh Citra Merek, Ulasan Produk dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pixy di Kota Batam. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(9), 6902–6917. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i9.3935
Haryono, S. (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL Smart PLS. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 450.
Hidayah, L. A. (2024). E-Jurnal Surplus ( Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan ) ISSN : 2808-3466 PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKE OVER PADA MAHASISWI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SAMPIT. 4(1), 64–72.
Jamilah, S., & Kusuma, K. A. (2024). Influence of Content Marketing, Brand Image and Online Consumer Review on Purchasing Decisions at The Tiktok Shop. Jurnal Arsip UMSIDA, 1(2), 1–17.
Kemenperin Gadang Potensi Industri Kosmetik Semakin Gemilang. (2025). Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah Dan Aneka Kementerian Perindustrian.
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Maulana, M. D., & Hariasih, M. (2023). The Effect of Price , Product Quality , Promotion on Consumer Purchasing Decisions Ecommerce Shopee ( Study on Students of Muhammadiyah University of Sidoarjo ) [ Pengaruh Harga Kualitas Produk , Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commer. 1–12.
Mg, N. (2025). Fenomena Fast Beauty sebagai Dominasi Tren Global yang Mengguncang Pasar Lokal. Aspirasi Media Informasi Dan Komunikasi Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.
Mielke, J., Brunkert, T., Zúñiga, F., Simon, M., Zullig, L. L., & De Geest, S. (2022). Methodological approaches to study context in intervention implementation studies: an evidence gap map. BMC Medical Research Methodology, 22(1), 1–19. https://doi.org/10.1186/s12874-022-01772-w
Nurhaliza, W., & Hariasih, M. (2020). The Influence of Brand Image , Product Quality , and Sales Promotion on Purchase Decisions for Emina Products in Umsida Students [ Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk , dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina pada Mahasiswa Umsi. 1–13.
Panwar, A., Kaur, G., & Kaur, J. (2025). DIGITAL TRIGGER VIA S-O-R : HOW INFLUENCERS DRIVE IMPULSE BUYING DIGITAL TRIGGER VIA S-O-R : HOW INFLUENCERS DRIVE IMPULSE BUYING THROUGH SOURCE AND CONTENT. February. https://doi.org/10.58257/IJPREMS38679
Putri, D. A., Indayani, L., & Sukmono, R. A. (2024). The Effectiveness of Influencer Marketing, Content Marketing, and Electronic Word Of Mouth (E-WOM) on Purchasing Decisions for Beauty Product on Shoope Live Streaaming [Efektivitas Influencer Marketing, Content Marketing, dan Electronic Word Of Mouth (E-W. International Journal Economics Development Research, 5(1), 1–12.
Putri, M. N., Sudarso, S., & Hariasih, M. (2025). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 2547–2577. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5447
Rizqy Nada Syavira. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Dan Fitur Marketplace Terhadap Keputusan Pembeli Pada Tokopedia. Jurnal Bisnis Kolega, 10(1), 01–11. https://doi.org/10.57249/jbk.v10i1.126
Sahabuddin, R., Azizah, N., Rahmadani, A., Manajemen, J., Makassar, U. N., & History, A. (2024). PENGARUH BEAUTY INFLUENCER MARKETING DAN KUALITAS PRODUKTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKE UPMAKE OVER(Studi Kasus Mahasiswa Aktif ManajemenAngkatan 2022Universitas Negeri Makassar). 9.
Salsabila, R., & Wardhana, A. (2023). Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Luxcrime (Studi pada Konsumen Luxcrime di Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3678–3689. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1987
Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141.
Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). Jurnal Mirai Management, 8(3), 326–341.
Sihombing, et al. (2022). Aplikasi SmartPls untuk Statistisi pemula. Bekasi: PT Dewangga Energi Internasional. (Issue March).
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Suzanna Angella, M. (2024). Fenomena Fast Beauty: Tren Instan yang Mengancam Pasar dan Lingkungan. Kumparan.
Trihudiyatmanto, M. (2023). Efek Life Style dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang di Mediasi oleh Variabel Brand Image. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 3(6), 83–96.
Vidyanata, D. (2020). Application in Examining the Influence of Social Media Marketing on Purchase Decisions in the Healthcare Industry : the. 200, 651–667.
Yasinta, K. L., & Romauli Nainggolan. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Somethinc Di Surabaya Dimediasi Oleh Brand Image. Performa, 8(6), 687–699. https://doi.org/10.37715/jp.v8i6.3806
Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022). Pengaruh Brand Image , Daya Tarik Iklan , Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow ( Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang ). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279–287.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yeni Fitriyah, Misti Hariasih, Kumara Adji Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)
