Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Dealer Piagio Vespa Di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Anri Ani Universitas Pamulang
  • Fadhilah Hanifah Universitas Pamulang
  • Vita Stefanya Christina Universitas Pamulang
  • Sewaka Sewaka Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14506

Keywords:

Pelayanan Purna Jual, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan purna jual terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Piagio Vespa di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel pelayanan purna jual diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,414 dengan kriteria baik. Variabel loyalitas konsumen diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,830 dengan kriteria baik. Pelayanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 9,636 + 0,840X, dan nilai koefisien korelasi 0,771 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 59,4%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Kota Tangerang Selatan: Rineka Cipta.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Kota Tangerang Selatan: PT. Gramedia Pustaka.

Erlangga, H., et al.(2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464-472.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Kota Tangerang Selatan: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Kota Tangerang Selatan: Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Kota Tangerang Selatan: PT. Gramedia Pustaka

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Kota Tangerang Selatan: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Kota Tangerang Selatan: Salemba Empat.

Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Pelayanan purna jual Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Kota Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.

Nurjaya, N., et al. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 291-296.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Kota Tangerang Selatan: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Kota Tangerang Selatan: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Rofianto, W., et al. (2021). Cultural Product Branding, Antecedents, And Its Implications: A Study On The Context Of Indonesian Batik. International Journal Of Social, Policy And Law, 2(2), 37-46.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Kota Tangerang Selatan: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

Wangsi, M. M., et al. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.

Downloads

Published

2021-11-10

How to Cite

Ani, A., Hanifah, F., Christina, V. S., & Sewaka, S. (2021). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Dealer Piagio Vespa Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14506