Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengguna Produk Elektronik Samsung di Bintaro Exchange Tangerang Selatan)

Authors

  • Mukadi Mukadi Universitas Pamulang
  • Udin Ahidin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i2.17126

Keywords:

Pelayanan Purna Jual, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan purna jual terhadap kepuasan konsumen pengguna produk elektronik Samsung di Bintaro Exchange Tangerang Selatan.Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini variabel pelayanan purna jual diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,423 dengan kriteria baik. Variabel kepuasan konsumen diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,833 dengan kriteria baik. Pelayanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 8,027 + 0,885X, dan nilai koefisien korelasi 0,778 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 60,5%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kharis, Ismu Fadli (2011). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis. The Asian.

Santoso, Singgih (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014). Metode Statistika, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Mukadi, M., & Ahidin, U. (2022). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengguna Produk Elektronik Samsung di Bintaro Exchange Tangerang Selatan). Jurnal Ekonomi Efektif, 4(2), 244–250. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i2.17126