Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Iklan di Sosial Media terhadap Keputusan Pembeli Konsumen pada Produk Wardah
(Studi Kasus pada Mahasiswa di Bandar Lampung)
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i4.42002Keywords:
Brand Image; Brand Trust; Iklan Sosial Media; Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Brand Image dapat mempengaruhi konsuem dalam Keputusan pembeli pada produk wardah, apakah Brand Trust dapat mempengaruhi konsumen dalam Keputusan pembelian, apakah Iklan di Sosial Media dapat mempengaruhi konsumen dalam Keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini juga merupakan konsumen yang pernah menggunakan produk wardah yaitu mahasiswa di Bandar Lampung. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 115 responden. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probability sample dengan Teknik purposive. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini yaitu Brand Image berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian, Brand Trust berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian, Iklan Sosial Media berpengaruh positif pada Keputusan pembelian.
References
1. Chang, A. Y.-P. (2017). A Study on the Effects of Sales Promotion on Consumer Involvement and Purchase Intention in Tourism Industry. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12). https://doi.org/10.12973/ejmste/77903
2. Eldiansyah, R., & Suwarni, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix (Studi Kasus Pada Masyarakat di Bandar Lampung). 13(2).
3. Hana, K. F. (2019). Minat Beli Online Generasi Milenial: Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 7(2), 203. https://doi.org/10.21043/ bisnis.v7i2.6094
4. Komalasari, D., & Khatimah, H. (2022). Pengaruh Brand Image & Brand Trust Terhadap Brand Loyalty PIXY Cosmetics Melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. 1.
5. Kusumastuti, S. (t.t.). Keputusan pembelian ditinjau dari brand trust, brand awareness dan word of mouth.
6. Nasrullah, M., Remmang, H., & Chahyono, C. (2022). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1858
7. Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459
8. Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
9. Sutoro, M. (2024). Pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan di Kantor Pusat PT Angkasa Pura II. 6(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vina Ulpatun Nikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).