Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Varian Produk Merek Apple Lini Terbaru (Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi)
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v4i2.2022.122-134.23868Keywords:
Media Sosial, Harga, Citra Merek, Keputusan MembeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian varian produk merek apple terbaru. Ada juga variabel brand image yang berperan dalam memediasi hubungan antara variabel media sosial dengan harga dalam variabel keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability convenience sampling yang kemudian diperoleh data dari survei kuesioner dengan total 200 responden. Pengujian model dan hipotesis menggunakan SEM dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menyampaikan bahwa variabel media sosial dan harga memiliki efek positif dan bermakna terhadap variabel brand image. Kemudian variabel harga juga memiliki pengaruh positif dan bermakna terhadap variabel keputusan pembelian. Selain itu, variabel media sosial memiliki pengaruh positif namun tidak berarti terhadap variabel keputusan pembelian. Akhirnya, variabel citra merek memiliki efek negatif dan tidak berarti pada keputusan pembelian.
References
Albari, & Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Integrative Business and Economics Research, 7(2), 328–337.
Anggita, R., & Ali, H. (2017). The Influence of Product Quality , Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk ( Study on PT . Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta , South Tangerang District ).
Barreda, A. A., Nusair, K., Wang, Y., Okumus, F., & Bilgihan, A. (2020). The impact of social media activities on brand image and emotional attachment. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 11(1), 109–135. https://doi.org/10.1108/JHTT-02-2018-0016
Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009
Foster, B. (2017). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis†(Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16023
Ghozali, I. (2014). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 22.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halbheer, D., & Buehler, S. (2011). Selling when Brand Image Matters. Journal of Institutional and Theoretical Economics, 167(1), 102. https://doi.org/10.1628/093245611794656598
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
Heracleous. (2013). Quantum Strategyat Apple Inc. Organizational Dynamics, 42, 92–99.
Khatib, F. (2016). The Impact of Social Media Characteristics on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Aseer Region. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50.
Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Prasad, S., Garg, A., & Prasad, S. (2019). Purchase decision of generation Y in an online environment. Marketing Intelligence & Planning, 37(4), 372–385. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070
Prasad, S., Gupta, I. C., & Totala, N. K. (2017). Social media usage, electronic word of mouth and purchase-decision involvement. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 9(2), 134–145. https://doi.org/10.1108/APJBA-06-2016-0063
Raji, R. A., Rashid, S., & Ishak, S. (2019). The mediating effect of brand image on the relationships between social media advertising content, sales promotion content and behaviuoral intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 302–330. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2018-0004
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Method for Business (7th ed.). United Kingdom: John Wiley & Sons Limited.
Setiawan, R. (2018). Pengaruh Media Iklan Televisi, Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 69–79.
Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas ; Studi di Toko Orginal Sprortcenter cabang Medono Semarang. Proceeding Sendiu.
Yogesh, F., & Yesha, M. (2021). Effect of social media on Nepali consumers’ purchase decision. International Journal of Applied Research, 7(2), 108–111. https://doi.org/10.22271/allresearch.2021.v7.i2b.8252
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.