Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Jasa Transportasi Online THGO di Jabodetabek
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v5i1.2023.45-56.28130Keywords:
Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Jasa Transportasi Online THGO di Jabodetabek. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 100 orang. Hasil dari penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi jasa transportasi online THGO. Terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian pada aplikasi jasa transportasi online THGO. Secara simultan kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi jasa transportasi online THGO. Konstribusi yang diberikan sebesar 78,1%.
References
Aaker, D. A. (2015). Aaker on Branding, 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Abdullah, T dan Tantri, F. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 1. Cetakan 4. Jakarta: Rajawali Pers.
Akbar, I. R., Erlangga, H., Jasmani, Oktarini, R. & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Perkusi Vol.1, No.1, 2021. ISSN: 2776-1568.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hastono (2019). Pengaruh Citra Merek Kosmetik Maybelline Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Carrefour Cabang Tangerang City. Jurnal Ekonomi Efektif Vol.1, No.2, 2019. ISSN: 2622-8882.
Juhaeri (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek On-Line Gojek Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal KREATIF Vol.7, No.1, 2019. ISSN: 2339-0689.
Kotler & Keller. (2016). Marketing Management. (edisi 14). Global edition: Pearson Education.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. 5 th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lahat, M. A., Sento, R. & Merthanti, A. S. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Watchout Di Giant Dept Store Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif Vol.3, No.2, 2021. ISSN: 2622-8882.
Levy dan Weitz. (2017). Retailing Management Five Edition. New York: Graw Hill, Irwin.
Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen. Yogyakarta: Pemasaran YPKPN.
Mangkunegara, A. P. (2019). Manajemen Sumber Manusia Perusahaan Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Prawesti, F. L. (2016) Faktor - faktor yang membentuk brand image Iphone menurut persepsi konsumen: studi kasus pada mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.
Prianto, J & Wulansari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Kristal Jakarta. Jurnal FEASIBLE Vol.3, No.1, 2021. ISSN: 2655-9811.
Purwanti, A. & Wahdiniwaty, R. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School of English For Children Di Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UNIKOM Bandung Vol.3, No.1, 2017, ISSN: 2337-5299.
Safroni, L. (2014). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Malang: Adutya Media Publishing.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2017). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi
Sartika, S & Kanya, N (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pemilihan Produk Pembiayaan. Jurnal Almana Vo.3, No.2, 2019. ISSN: 2579-4892
Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. England: Pearson Education Limited
Sipayung, F. & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam. Jurnal Pemasaran kompetitif Vo.5, No.2, 2022. ISSN: 2598-0823.
Siswanto. (2017). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sitio, V. S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman PT. TIKI. Jurnal Ilmiah M-Progress Vol.9, No.1, 2019. ISSN: 2088-0421.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W., (2019). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulaeman, A., Komarudin & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki Pada PT. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma Vol.1, No.1, 2021. ISSN: 2775-9695.
Sunyoto, D. (2017). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing. Service).
Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction, Edisi Ke-4. Yogyakarta: Andi
Wulandari, S. R. & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab. Jurnal Target Vol.3, No.1, 2021. ISSN: 2715-9361.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.