Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Jasa Transportasi Online THGO di Jabodetabek

Authors

  • Elvira Elvira Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Sunanto Apt Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v5i1.2023.45-56.28130

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Jasa Transportasi Online THGO di Jabodetabek. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah   100   orang. Hasil dari penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas   pelayanan   terhadap   keputusan   pembelian   pada   aplikasi   jasa transportasi online THGO. Terdapat pengaruh yang signifikan  citra   merek   terhadap   keputusan   pembelian   pada   aplikasi   jasa transportasi online THGO. Secara simultan kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi jasa transportasi online THGO. Konstribusi yang diberikan  sebesar  78,1%.

Author Biography

Sunanto Apt, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

ID Scolar : bLUI9RQAAAAJ

ID Sinta  : 6154769

References

Aaker, D. A. (2015). Aaker on Branding, 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Abdullah, T dan Tantri, F. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 1. Cetakan 4. Jakarta: Rajawali Pers.

Akbar, I. R., Erlangga, H., Jasmani, Oktarini, R. & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Perkusi Vol.1, No.1, 2021. ISSN: 2776-1568.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hastono (2019). Pengaruh Citra Merek Kosmetik Maybelline Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Carrefour Cabang Tangerang City. Jurnal Ekonomi Efektif Vol.1, No.2, 2019. ISSN: 2622-8882.

Juhaeri (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek On-Line Gojek Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal KREATIF Vol.7, No.1, 2019. ISSN: 2339-0689.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management. (edisi 14). Global edition: Pearson Education.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. 5 th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lahat, M. A., Sento, R. & Merthanti, A. S. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Watchout Di Giant Dept Store Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif Vol.3, No.2, 2021. ISSN: 2622-8882.

Levy dan Weitz. (2017). Retailing Management Five Edition. New York: Graw Hill, Irwin.

Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen. Yogyakarta: Pemasaran YPKPN.

Mangkunegara, A. P. (2019). Manajemen Sumber Manusia Perusahaan Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prawesti, F. L. (2016) Faktor - faktor yang membentuk brand image Iphone menurut persepsi konsumen: studi kasus pada mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Prianto, J & Wulansari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Kristal Jakarta. Jurnal FEASIBLE Vol.3, No.1, 2021. ISSN: 2655-9811.

Purwanti, A. & Wahdiniwaty, R. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School of English For Children Di Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UNIKOM Bandung Vol.3, No.1, 2017, ISSN: 2337-5299.

Safroni, L. (2014). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Malang: Adutya Media Publishing.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2017). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Sartika, S & Kanya, N (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pemilihan Produk Pembiayaan. Jurnal Almana Vo.3, No.2, 2019. ISSN: 2579-4892

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. England: Pearson Education Limited

Sipayung, F. & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam. Jurnal Pemasaran kompetitif Vo.5, No.2, 2022. ISSN: 2598-0823.

Siswanto. (2017). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitio, V. S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman PT. TIKI. Jurnal Ilmiah M-Progress Vol.9, No.1, 2019. ISSN: 2088-0421.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W., (2019). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulaeman, A., Komarudin & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki Pada PT. Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma Vol.1, No.1, 2021. ISSN: 2775-9695.

Sunyoto, D. (2017). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing. Service).

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction, Edisi Ke-4. Yogyakarta: Andi

Wulandari, S. R. & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab. Jurnal Target Vol.3, No.1, 2021. ISSN: 2715-9361.

Downloads

Published

2023-02-28

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.