Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen

(Studi Empiris pada Konsumen Kafe di Kota Bandung)

Authors

  • Muhamad Faisal Azhar Politeknik Negeri Bandung
  • Koernia Purwihartuti Politeknik Negeri Bandung
  • Nazofatullidya Nazofatullidya Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v7i1.2025.18-29.49095

Keywords:

Product Innovation; Quality Service; Purchase Interest; Café

Abstract

Persaingan yang kian intensif dalam industri kafe menuntut pelaku usaha untuk dapat terus berinovasi dan menjaga kualitas pelayanan guna memperkuat strategi promosi dan meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada kafe di Kota Bandung. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode asosiatif, melibatkan 400 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin dan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar melalui Google Form dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, korelasi Pearson, koefisien determinasi, serta uji F. Hasil regresi menunjukkan persamaan Y = 3,29 + 0,705X₁ + 0,115X₂, yang mengindikasikan bahwa inovasi produk memberikan pengaruh lebih besar terhadap minat beli dibanding kualitas pelayanan. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,811 menunjukkan hubungan yang sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (R²) sebesar 65,8% menjelaskan kontribusi simultan variabel independen terhadap minat beli. Uji F menghasilkan Fhitung sebesar 382,508 > Ftabel 3,038, yang menunjukkan bahwa model signifikan secara simultan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pemilik kafe untuk lebih memprioritaskan pengembangan produk inovatif dan menjaga konsistensi layanan sebagai strategi efektif dalam menarik perhatian dan mempertahankan konsumen.

References

Abdullah, K., Jannah Misbahul, Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com

Arifin, K. M., & Widwi Handari Adji. (2023). Pengaruh Kompetensi Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pelanggan di Kedai Kopi Tovi Kohi. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 15(2), 190–205. https://doi.org/10.37151/jsma.v15i2.141

Ariyanto, D., Vhalery, R., & Rosadi, N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Momoyo Ciracas Jakarta Timur. JOURNAL OF ACCOUNTING, MANAGEMENT, AND FINANCIAL (JAMFI), 01(02).

Bungatang, B., & Reynel, R. (2021). The Effect of Service Quality Elements on Customer Satisfaction. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 2. https://doi.org/10.52970/grmapb.v1i2.102

Chandra, Chandra, H. (2016). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyalty : Tinjauan Teoritis.

Chaniago, H., Muharam, H., & Efawati, Y. (2023). METODE RISET BISNIS DAN PERMODELAN. Edukasi Riset Digital.

Dorin, M. (2018). Product And Process Innovation: A New Perspective On The Organizational Development. International Journal Of Advance Research And Innovative. www.ijaemr.com

Faisal, M., Rivai, A. M., & Niswaty, R. (2024). Analisis Strategi Inovasi Produk Di Cafe Kopiology Kota Makassar Analysis of Product Innovation Strategy at Cafe Kopiology Makassar City. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum (JADBISFISH), 3(3), 149–158.

Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen. https://journal.uii.ac.id/selma/index

Mariana, L. (2024). The Impact of Service Quality on Purchase Intent and Consumer Satisfaction: An Analysis. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 19–27.

Maulana, Y. S. dan A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inovasi Bisnis, 8, 86–91. http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IBP/article/view/1313

Mulyana, R., Purwanti, R. S., & Setiawan, I. (2021). PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi Pada Industri Produk Keripik Mekarsari). Bussines Management and Entrepreneurship Journal, 3(4), 21–33.

Mustamu, E. J., & Ngatno. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Srondol. Jurnal Administrasi Bisnis.

Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. ECo-Buss, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.656

Purwiharturi, K., & Amalia, B. (2019). NILAI PELANGGAN SEBAGAI HASIL DARI KUALITAS PELAYANAN Survey terhadap Pelanggan Restoran Nobu Sushi dan Ramen. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar.

Purwihartuti, K., Karnawati, H., Kristianingsih, & Angestiwi, T. (2020). Marketing Strategy Planning Based on Customers Expected Services: Evidence from Sharia Cooperatives in Bandung. 4th International Conference on Arts Language and Culture.

Razali, G., Syamil, A., Hurit, R. U., Asman, A., Lestariningsih, Radjawane, L. E., Bagenda, C., Falasifah, N., Amane, A. P. O., Tingga, C. P., Saloom, G., Sumarni, Gultom, N. B., Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Media Sains Indonesia.

Seng, L. C., & Ping, N. S. (2016). The Influence of Product Innovation Toward Consumer Purchase Intention. International Journal of Economics, Commerce and Management, 4(4), 1–11.

Sinabela, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231–240.

Su, L., Swanson, S. R., & Chen, X. (2016). The effects of perceived service quality on repurchase intentions and subjective well-being of Chinese tourists: The mediating role of relationship quality. Tourism Management, 52, 82–95. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.06.012

Suhartanto, D. (2020). Analisa Data untuk Riset Bisnis: SPSS, AMOS, PLS Edisi 2. In In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (2nd ed.). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Tanuwijaya, W., Tandrayuwana, S., & Aprilia, A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Minuman Kopi Melalui Motivasi Sebagai Variabel Moderasi Generasi Z Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 8(1), 50–58. https://doi.org/10.9744/jmp.8.1.50-58

Downloads

Published

2025-06-04

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.