Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v3i2.32367Keywords:
Kualitas Pelayanan, Mahasiswa, Bagian AkademikAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan tentang kualitas pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang masih terdapat dua dimensi yang belum berjalan dengan baik, yaitu dimensi Tangible dan Responsive. Perbaikan pelayanan perlu untuk dilakukan oleh staf Bagian Akademik dalam hal kualitas pelayanan. Diantaranya terkait kemudahan mahsiswa mendapatkan informasi, profesionalisme petugas, jumlah loket yang tersedia, ruang tunggu yang rapih, bersih dan nyaman serta yang terakhir terkait keramahan petugas.
References
Dharmayanti, D. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah, Manajemen Pemasaran; 2006; 1(1):35-43.
Hardiansyah, J. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media; 2011.
Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: GhaliaIndonesia.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:Andi Offset.
Widawati, Etty & Siswohadi. Analisis Tentang Kepuasan mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dan Pelayanan Administrasi. 2020. Jurnal JMM Online Vol. 4 No. 10 Oktober (2020) 1500-1513
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.