Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

Authors

  • Derizka Inva Jaswita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Haidila Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Dien Mardiana Yulianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmw.v3i2.32367

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Mahasiswa, Bagian Akademik

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan tentang kualitas pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang masih terdapat dua dimensi yang belum berjalan dengan baik, yaitu dimensi Tangible dan Responsive. Perbaikan pelayanan perlu untuk dilakukan oleh staf Bagian Akademik dalam hal kualitas pelayanan. Diantaranya terkait kemudahan mahsiswa mendapatkan informasi, profesionalisme petugas, jumlah loket yang tersedia, ruang tunggu yang rapih, bersih dan nyaman serta yang terakhir terkait keramahan petugas.

Author Biography

Dien Mardiana Yulianti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

(ID Scholar:0BehCa4AAAAJ)

References

Dharmayanti, D. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah, Manajemen Pemasaran; 2006; 1(1):35-43.

Hardiansyah, J. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media; 2011.

Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: GhaliaIndonesia.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:Andi Offset.

Widawati, Etty & Siswohadi. Analisis Tentang Kepuasan mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dan Pelayanan Administrasi. 2020. Jurnal JMM Online Vol. 4 No. 10 Oktober (2020) 1500-1513

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Jaswita, D. I., Maharani, H., & Yulianti, D. M. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Bagian Akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 3(2), 61–69. https://doi.org/10.32493/jmw.v3i2.32367

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.