Pengaruh Responsiveness dan Store Atmosphere terhadap Kepuasaan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan

Authors

  • Gilbert Mangapul Situmeang Universitas Negeri Medan
  • Lokot Muda Harahap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41918

Keywords:

Responsiveness, Store Atmosphere, Customer Satisfaction

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mejelaskan Pengaruh Responsiveness dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan

Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Seulawah Kupi MMTC Medan dengan jumlah sampel 150 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untuk penelitian ini adalah menggunakan observasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji f, dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan asumsi klasik, penelitian ini menggunakan SPSS 26.0 for window untuk mengolah data tersebut

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1) Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, 2) Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil analisis Adjusted R Square 0,634 (63,4%) menyatakan bahwa Responsiveness dan Store Atmosphere bersama-sama mempengaruhi Kepuasan Pelanggan.  Hasil Responsiviness (X1) (koefisien : 0,600) dan Store Atmosphere (X2) (koefisien: 0,680) secara positif dan signifikan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) Dapat disimpulkan dari analisis tersebut bahwa Kepuasan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan dipengaruhi oleh Responsiveness dan Store Atmosphere.

Implikasi. Responsiveness dan Store Atmosphere.berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan.

References

Alif Prabowo. 2022. Pengaruh Atmosphere dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bank SULUT GO. Sulawesi Utara.

Armine, Jessica dan Liliana Dewi. 2017. Pengaruh Reliability, Responsiveness

Devina Martina Lieyanto. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. Surabaya.

Didin Fatihudin, Anang Firmansyah. 2019. PEMASARAN JASA ( STRATEGI, MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ). Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2012. Service Management ed.2. Yogyakarta.

Fatin Furoida, Ida Maftukhah. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Cafe Martabak Platinum Rubi Pekalongan. Jawa Tengah.

Fauziah, Zaira, Srikandi dan Kholid. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Vol.33 No.2

Kotler, P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Inseks, Jakarta. (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (13 ed.). Jakarta: Erlangga,

Lamb, Charles. Hair Joseph dan McDaniel Carl. 2012. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Slemba Empat

Rismawati Hamid, Djoko Lesmana Radji, Yulinda L. Ismail. 2020. Pengaruh Empathy

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: CV.Andi Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction.

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Situmeang, G. M., & Harahap, L. M. (2025). Pengaruh Responsiveness dan Store Atmosphere terhadap Kepuasaan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan. Jurnal Arastirma, 5(1), 109–118. https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41918

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.