STRATEGI PEMBANGUNAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL & Z” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0

Authors

  • Alma Rosmalia
  • Yasmin Afifah
  • Silvi Kristina

Keywords:

Global era 5.0, pembangunan kualitas SDM, SDM Millenial dan Z’ers

Abstract

Pada masa pandemi perubahan berjalan lebih cepat yang dimana memaksa perubahan yang harusnya berjalan dalam kurung waktu selama 5-10 tahun menjadi 5-10 bulan saja. Yang diawali dengan berbagai penolakan (denial), resistensi (resistence), karena terpaksa berekplorasi dan mengejar ketertinggalan dengan mengikuti transformasi digital secara cepat yang akhirnya menerima komitmen untuk melakukan kebiasaan perilaku baru, karena global era ini sangat penting  memiliki kecakapan literasi digital untuk mendukung penuh terjadinya transformasi digital yang unggul demi memenuhi kebutuhan millennial dan generasi Z di era global ini, yang dimana digital ini kekuatan utama untuk bertahan di era 5.0  karena prediksi jenis pekerjaan digital skill akan popular dimasa post-covid yang akan sangat bergantung pada teknologi. Pada tahun 2020 terbukti pada usia 17 samapi 64 tahun didunia kerja terdapat 25,8% generasi millennial dan 11% generasi  Z’ers.

References

Hasibuan, Malayu, S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarat: Bumi Aksara

Monovatra Predy Rezky, Joko Sutarto, Titi Prihatin, Arief Yulianto, Irajuana Haidar.(2020). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia

Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 223-232.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270.http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.

Yuliardi. Sufri. (2020). “Era Society 5.0, Apa Bedanya dengan Industry 4.0 “.https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/04/19/mengenal-lebih-jauh-tentang-society-5-0/. Diakses pada 1 November 2021.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Rosmalia, A., Afifah, Y., & Kristina, S. (2022). STRATEGI PEMBANGUNAN KUALITAS SDM “GENERASI MILLENIAL & Z” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 28–30. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/18474