Kepuasan Pelanggan yang dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan dan Promosi pada Bengkel Ahhas Solear Motor Cabang Cisoka Banten
Keywords:
Kepuasan Pelanggan Kualitas Pelayanan, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan yang dipengaruhi kualitas pelayanan dan promosi pada Bengkel Ahass Solear Motor Cabang Cisoka Tangerang Banten. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bengkel Ahass Solear Motor dengan jumlah 11504 pelanggan. Penentuan sampel menggunakan metode probability sampling dengan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil uji linier berganda diperoleh persamaan Y = 11,677+0,059X1+0,4705X2, menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan (X1) dan promosi (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Nilai koefisien kolerasi diperoleh sebesar 0,614 berada pada interval 0,600-0.799 artinya variabel kualitas pelayanan (X1) dan promosi (X2) memiliki tingkat hubungan yang kuat terhadap kepuasan pelanggan (Y). Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 0,051 artinya kualitas pelayanan (X1) memberikan kontribusi terhadap kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 0,51%. Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 0,366 yang artinya promosi (X2) memberikan kontribusi terhadap kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 36,6%. Berdasarkan uji T diperoleh nilai thitung > ttabel (2,276 > 1,984) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji T diperoleh nilai thitung > ttabel (7,483 > 1,984) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (29,115 > 3,09) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Ahass Solear Motor Cabang Cisoka Tangerang Banten.
References
Afandi, Panji. (2018). Concept & Indicator Human Resources for Manajement Researth. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arikunto. Suharsimi. (2015). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Surakarta: Rineka Cipta.
Arisanti, dkk (2019) jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) Pengaruh Motivasi kerja dan Disiplin kerja terhadap kineja karyawan pada PT. Pegadaian (persero) cabang nganjuk
Bagaskara, L.A., & Jamaludin, J. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Kreasi Kemasan Komposit. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1 (1), 50-55.
Bintoro & Daryanto. (2017). Manajemen penilaian kinerja karyawan. Yogyakarta: Gaya Media.
Dessler. Gary. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 14. Yogyakarta: Selemba Empat.
Faisal, F. (2021). Pengaruh Return On Asset dan Non Performing Loan Terhadap Capital Adequacy Ratio Pada PT Bank Mega Tbk. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan Teknologi, Dan Humaniora, 4 (1), 61-69.
Firmansyah, M. Anang dan Mochklas, Mochamad (2018). Analisa Strategi Produk, Harga,Promosi dan terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras di Surabaya : Jurnal EKSEKUTIF , 15 (1). pp. 281-295. ISSN 1829-7501.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hamzah, dkk. (2021) Jurnal Manajerial Pengaruh Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara XIII pabrik minyak sawit paser belengkong. 8 (1) 22-36.
Harahap dan Tirtayasa (2020) Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa pura II (persero) kantor cabang kualanamu. 3 (1) 120-135.
Hasibuan, Melayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi A Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kotler & Armstrong (2018:28) Pemasaran melibatkan pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan
Kotler Philip dan Keller Kevin Lane. (2016:5), Manejemen Pemasaran edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Mada Faisal Akbar dan Ugeng Budi Haryoko (2020) Pengaruh Promosi dan Harga terhadap KeputusanPembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang : Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2, No. 2, Februari 2020. ISSN : 2622 – 8882, E-ISSN : 2622-9935
Maryati dan M.Khoiri (2022), Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 1 Juli 2022
Mishella M. Tandra, Bode Lumanauw, Mirah H. Rogi, (2021) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Era New Normal Pada Starbuck Manado Town Square, Jurnal EMBA Vol.10 No.4 April 2022, Hal. 44-55
Reza Fauzi. Baskara, Bernadin. Dwi Anastasia Mardiatmi, dan enji Gunaedi Argo (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Traveloka. : Jurnal Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Volume 2, 2021,hlm. 1645-1659
Rianadia Agustina, Driya Wiryawan, Nuzul Inas Nabila (2022), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Tokopedia di Bandar Lampung, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 2 September 2022
Veronika Masili, Bode Lumanauw, Maria V.J. Tielung, (2021), Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Toko Bahan Bangunan Mentari di Desa Sea Kec Pineleng Kab Minahasa Jurnal EMBA Vol.10 No.4 April 2022, Hal. 44-55
Yuliana dan Ita Purnama. (2021), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 4. No 2. September 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.