Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Kebun Latte Ciater Tangerang Selatan

Authors

  • Delaura Novatama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nofiar Nofiar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Café Kebun Latte Ciater Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 56.369 dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y= 2,438+0,938X1, koefisien korelasi sebesar 0,830 artinya kualitas produk mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat. Koefisien determinasi 0,689 menunjukkan kontribusi Kualitas Produk 68,9%, sedangkan sisanya 31,1% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (3,420 > 1,984) dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y= 5,921+0,851X2. Koefisien korelasi sebesar 0,869 artinya kualitas pelayanan mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat. Koefisien determinasi 0,756 menunjukkan kontribusi Kualitas Pelayanan 75,6%, sedangkan sisanya 24,4% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis  diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (6,422 > 1,984) dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 2,256 + 0,359X1 + 0,584X2. Koefisien korelasi seebesar 0,884 artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,782 menunjukkan kontribusi kualitas produk dan kualitas pelayanan 78,2% sedangkan sisanya 21,8% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (173,794 > 3,09).

References

Buku:

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . Bandung: Alfabeta.

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Principle Of Marketing. 15th edition. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Sopiah, & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal :

Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB) 4(1), 527-545.

Mentang, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Marina Hash In Manado Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 684.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Novatama, D., & Nofiar, N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Kebun Latte Ciater Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2250–2259. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42751