Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Sava Kopi Pamulang
Keywords:
Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Sava Kopi Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling, metode pengambilan sampel dengan mengguanakan teori slovin. Analisis menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 4.257 + 0,294 X1 + 0,575 X2 + α. Koefisien determinasi berpengaruh secara simultan 68,3%. Uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil Store Atmosphere (X1) sebesar T hitung > T tabel atau (10,987 > 1,985). Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel independen yaitu Store Atmosphere (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Uji hipotesis parsial diperoleh hasil Kualitas Pelayanan (X2) sebesar T hitung > T tabel atau (13,610 > 1,985). Maka H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Uji hipotesis secara simultan antara variabel Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) diperoleh hasil F hitung > F tabel atau (103,584 > 3,09). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima, artinya Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
References
Abdullah, T. & F. Tantri (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Abu Bakar, Rusydi. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1).
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2020). Manajemen Pemasaran. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.
Berman dan Evans. (2021). Manajemen pemasaran jasa. Medan: Yayasan kita menulis.
Dahmiri dan Bhayangkari, S.K.W. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Etika Bisnis dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol 11, No 1.
Dewi, E.F. dan Murthado, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Pengalaman Belanja Sebagai Mediator pada Platfrom Shopee. Jurnal Kewirausahaan, Vol 5, No 1.
Edwar, M. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Tehadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 1, No 1.
Erni, dan Kurniawan. (2017). Pengantar Manajemen, Edisi 1. Kencana-Jakarta.
Febriani, F. dan Fadili, D.A. (2021). Pengaruh Store atmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada cafe Patroli Kopi Karawang). Jurnal Pemasaran Kompetitif Universitas Pamulang, Vol 4, No 3.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi
Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Hery (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo Persada.
Hidayat, M.S. (2020). Pengaruh Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Dreamblack Coffee Mojokerto. The journal Of business and management, Vol 3, No 2.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2019). “Principle Of Marketing, 15th Edition”, Pearson Pretice Hall, New Jersey.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Kusnadi, K., & Ruknan, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Trijaya Lestari Di Jakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(1), 105-110.
Kusumawathi, N.W.G. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Seniman Coffee Studio, Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, Vol.8 No.1.
Masrul dan Karneli, O. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Store Location Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Texas Chicken Plaza Citra Pekanbaru), JOM FISIP, Vol 4, No 2.
Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Nurjaya, Erlangga, H. Jasmani, dan Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada starbucks di wilayah cianjur. Jurnal Ekonomi Efektif Universitas Pamulang, Vol 2, No 4.
Putri, C.M. dan Manik, C.D. (2021). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Kopi Jaelansky Pamulang, Jurnal Perkusi: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Universitas Pamulang, Vol 1, No 1.
Rahmana, A. S. (2021). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion yang Berdampak Kepada Impulse Buying Pada Store Gramedia Citra Raya Cikupa Tangerang. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1 (2).
Rijali, N.F. dan Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Owners Store Tanjung Tabalong. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Vol 11, No 1.
Roymon Panjaitan, SE., AK., M. (2018). Manajemen Pemasaran (S.Sukarno, SIP(ed.)). Sukarno Pressindo.
Santoso, S. (2017). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media
Satrya, M.A.R. dan Telagawathi, N.L.W.S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan KFC. Jurnal Manajemen, Vol 7, No 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunari, D. (2020).Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabix: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, Vol 21, No 1.
Sundari, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen di Banaran Chicken Crispy Kota Kediri Periode 2017-2018, Simki-Economic, Vol 1, No 9.
Sunyoto (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 2. Jakarta: Erlangga.
Suriasumantri, Jujun S. (2017). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pestaka Sinar Harapan
Terry.G (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan kita menulis
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta : Andi.
Utami, C.W. 2018. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Yulianti, F. (2019) Buku Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV. Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.