PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ASMO KOPI CINERE

Authors

  • Rifa Salma Zhahabia Universitas Pamulang
  • Shakila Novyara Zen Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk terhadap kepuasan konsumen di Asmo Kopi Cinere. Metode kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari sampel konsumen yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui survei  menggunakan kuesioner yang mencakup pertanyaan terkait persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan dan produk, serta tingkat kepuasan mereka. Sampel berjumlah 100 responden yang merupakan pelanggan tetap dan acak dipilih dari berbagai segmen demografis.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (kualitas pelayanan dan kualitas produk) dan variabel dependen (kepuasan konsumen). Selain itu, dilakukan pula uji validitas dan reliabilitas instrumen survei untuk memastikan keakuratan hasil. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepuasan konsumen di Asmo Kopi Cinere.

Hal ini menunjukkan pentingnya Asmo Kopi Cinere untuk terus meningkatkan standar kualitas pelayanan dan produk dengan tujuan adanya peningkatan pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi manajemen Asmo Kopi Cinere dalam merancang strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Implikasi praktis dari temuan ini juga membantu merek-merek lain dalam industri makanan dan minuman untuk memahami pentingnya fokus pada kualitas pelayanan dan produk dalam memenuhi harapan konsumen.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adli, M. F., Wijayanto, A., & Farida, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Nako. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12, 321-331.

Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah (Kuantitatif) Beserta Paradigma, Pendekatan, Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3, 682-693.

Maryati, & Khoiri, M. (2022, Juli 1). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Times Universe Studio. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11, 542-550.

Maulidiah, E. P., & Budiantono, B. (2023, Maret). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economia, 2, 728-737.

Oktaviani, S., & Hermawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1, No. 3, 1-12.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, Nomor.1, 2896-2910.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Zhahabia, R. S., & Zen, S. N. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ASMO KOPI CINERE. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 787–795. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40286