Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Guna Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus Holland Bakery Rawa Buntu)
Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan, Pelanggan, Makanan dan MinumanAbstract
Sektor FnB (Food and Beverage), yang terus berkembang, mengharuskan setiap perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman untuk menerapkan berbagai strategi untuk memperluas cakupan pasar dan volume klien. Keberadaan pelanggan setia dalam jumlah tertentu dapat menjamin kelangsungan hidup usaha, oleh karena itu harus terus diupayakan dan ditingkatkan demi pertumbuhan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengaruh komunikasi pemasaran perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Komunikasi pemasaran sebaiknya dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan atau menginformasikan kepada pelanggan tentang produknya. Hal ini dapat dilakukan ketika suatu perusahaan memperkenalkan satu atau lebih produk baru yang sudah ada di pasaran. Komunikasi pemasaran, disebut juga promosi, dapat dilakukan melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publikasi. Dalam penelitian yang bertempat di Holland Bakery Rawa Buntu ini, metode ini mencoba membandingkan penelitian dan ulasan sebelumnya. Ketika pelanggan mengetahui bahwa suatu produk akan diluncurkan atau sudah tersedia di pasar, ia akan mengetahui tentang produk tersebut dan pada akhirnya akan membelinya jika memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan harus dibangun di benak pelanggan agar sadar akan keberadaan merek tersebut sehingga pelanggan dapat mengenali merek tersebut pada kategori produk tertentu dan melakukan pembelian berulangReferences
Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).
Aprianti, V., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gelatik Supra Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen. 2(2).
Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin, D. (2023). Pelatihan Meningkatkan Jiwa Berwirausaha pada Santri Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. DEDIKASI PKM, 4(2), 174-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29747
Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13-23.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.
Kotler, P. and G. Armstrong. 2012. Principles of Marketing, Global Edition England: Person Education.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159.
Mawarti, R. I., & Riwayati, H. E. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Memoderasi Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepercayaan Merek. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(3), 433-446.
Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).
Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 69-80. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i1.28926
Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis 6(4).
Solihin, D., & Kamal, F. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota di Cinere Kota Depok. Jurnal Arastirma, 3(1), 206-216. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.32160
Sutanto, E., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), 198-206. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/28993
Zulfikar, A. R. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Padafollowers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(02), 279-294.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imam Bayu Prasojo, Ines Almaida, Meydina Andryani, Novenaldi Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.