Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang

Authors

  • Edy Banu Sutanto Universitas Pamulang
  • Dede Solihin Universitas Pamulang

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat Pengaruh Parsial Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi linear sederhana Y = 3,966 + 0,894(x1). Nilai korelasi Rx1y sebesar 0,964. Nilai koefisien determinasi R Square sebesar 93%. Nilai t hitung 35,645 > t tabel 1,985 atau nilai sig α 0,000 < 0.05. Terdapat Pengaruh Parsial Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi linear sederhana Y = 4,026 + 0,858(x2). Nilai korelasi Rx2y sebesar 0,941. Nilai koefisien detrminasi R Square sebesar 88,5%. Nilai t hitung 27,155 > t tabel 1,985 atau nilai sig α 0,000 < 0.05. Terdapat Pengaruh Secara Simultan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi linear berganda Y = 2,313 + 0,574(x1) + 0,350(x2). Nilai korelasi Rx1.2.y sebesar 0,979. Nilai koefisien determinasi R Square sebesar 95,8%. Nilai Fhitung 1072,552 > Ftabel 3,092 atau nilai sig α 0,000 < 0.05.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan. Indikator). Riau: Zanafa Publishing

Allana, M. N. R., Hidayati, N., & Khairussalam. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna XL di Kota Banjarmasin (Studi Pada Pengguna Paket Data Internet). Jurnal Smart Business Journal, 1(2), 15-23.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Basuki. A. T., & Prawoto. N. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. Depok: Rajagrafindo Persada

Daryanto. (2018). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung. Penerbit: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Doembana, I., Rahmat, A., & Farhan, M. (2017). Buku Ajar Manajemen Dan. Strategi Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Fahreza, F., & Suwardi, K. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Telkom Semarang Wifi Corner. Jurnal JOBS. 4(1)

Fatihudin, D., & Firmansyah, A (2020). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 9. Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gitosudarmo, I. (2018). Manajemen Pemasaran.. Yogyakarta: BPFE.

Halim, F. (2021) Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis

Hamdat, A.(2020). Manajemen Pemasaran & Perilaku Konsumen : Prinsip Dasar, Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Diandra Kreatif

Hasibuan, M, S, P. (2018). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.

Insyroh, W., & Setyowati, T. (2018). Determinan Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash Di Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3).

Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Marketing an Introduction. 10th Edition. Indonesia: Perason.

Kotler, P., & Keller, K, L. (2019). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Laksana, M, F. (2019), Praktis Memahami Manajemen Pemasaran Depok: Khalifah Mediatama

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Kompetitif Pemasaran, 2(2).

Manap, A. (2018). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media

Marluthy, A., & Halilah, L. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Penyedia Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 5(1)

Mirza, D. F., Ginting, .E. N,., Putri, A. T. A., & Brutu, D. W. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Program Indihome Triple Play PT. Telkom (Cabang Plasa Telkom Medan). Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(1), 136-146

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya

Noviyanti, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan. Manajemen Forkamma. 1(2).

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas. Universitas Udayana

Rahmawati, A. N., & Susilowati, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan). Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik, 2(3), 9-16

Riyani, D., Larashati, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Salah Satu penyedia Jasa Internet di Kota Bandung). Jurnal Bisnis dan Iptek, 14(2), 94-101.

Silaen, S., & Widiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: In Media

Sinaga, Y. A., Hayati, F. A., & Chasanah., U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rich Perfumery ITC Kuningan Jakarta Selatan. Jurnal Feasible, 3(1)

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3)

Solihin, D. (2022). Service Pemasaran. Banten: CV. AA RIZKY.

Solihin, D., & Ahyani, A. (2022). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Social Media on Purchase Intention. Majalah Ilmiah Bijak 19(2), 193-205.

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3), 307-311. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726

Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi online untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani., & Darmadi, (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. ABDI LAKSANA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.1(3). http://dx.doi.org/10.32493/al-jpkm.v1i3.6869

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. W. (2014). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Suparyanto., & Rosad. (2018). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.

Sutoyo. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen First Media Di Surabaya Timur. Jurnal Purna Iswara, 2(2), 117-123

Swastha, B, D. (2017). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Terry, R., G., & Leslie, W, R. (2018). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi: Aksara

Tjiptono, F. (2020). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset

Utami W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Serta Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. First Media Karawaci Tangerang. Jurnal Ekonomi Bisnis. 27(2)

Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan dalam bisnis (3rd ed.). Jakarta: Alex.

www. databoks.katadata.co.id

Yulianti, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Depublish

Yusuf, M., & Nika, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Fiber Pada PT.Telkom Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Pencerah Publik, 4(1)

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Sutanto, E. B., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), 198–206. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/28993