Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus E- Commerce Tokopedia
Keywords:
Integrated Marketing Communication (IMC), Tokopedia E-commerce, Kepuasan Pelanggan, Belanja OnlineAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk penerapan IMC pada Tokopedia. Media pemasaran online semakin sering digunakan di era digital yang berkembang pesat. Salah satu peritel online terbesar di Indonesia, Tokopedia, menggunakan Integrated Marketing Communication (IMC) sebagai taktik untuk membuat pelanggannya senang saat berbelanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Tokopedia menerapkan IMC dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kebahagiaan pelanggan. Studi kasus menggunakan metodologi kualitatif, analisis dokumen, dan wawancara dengan pihak Tokopedia terkait adalah metode penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tokopedia telah secara efektif menggabungkan sejumlah komponen IMC, seperti hubungan masyarakat, pemasaran langsung, promosi penjualan, periklanan, dan pemasaran digital, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan membina hubungan dengan pelanggan serta pengenalan merek. Strategi IMC Tokopedia yang terintegrasi membantu terciptanya pengalaman pembelian yang menyeluruh dan dapat diandalkan, mulai dari periode antara pembelian dan pasca pembelian. Ketika pelanggan berbelanja online di Tokopedia, mereka merasa mendapatkan nilai lebih dari uang yang mereka keluarkan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Studi ini memajukan pemahaman teoritis dan praktis tentang pentingnya penerapan IMC dalam pengaturan bisnis online dan menawarkan panduan kepada perusahaan e-commerce lainnya tentang cara meningkatkan efektivitas pemasaran mereka dan menjaga kesenangan konsumen.
References
Azmi, U.A., & Kusumasari, I.R. 2024. Analisis Pengaruh Pemasran Media Sosial Tiktok, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalita sKonsumen: Studi Pada Konsumen Scarlett Whitening di Surabaya. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. 6(5), 4254-4266.
Defrianto, & Loisa, R. 2019. Efektivitas Social Media Marketing E-Commerce dalam Meningkatkan Brand Image Perusahaan ( Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Fakultas Ilmu Komunikasi. 3(2), 505-511.
Estaswara, H., Yuliastini, E., & Kurniasari, W.C. 2023. Merek Sebagai Pesan Utama Integrated Marketing Communication (IMC) di Jurnal Indonesia Tahun 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi. 21(1), 43-61.
Fajar, A. 2017. Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Pada PT Tokopedia Dalam Mempertahakan Pelanggan. Jurnal Komunikasi. 8(3), 2579-329.
Malik., M.A., Lubis, Y.A., Andriani, F., & Benjamin, H.A. 2022. Fitur Tokopedia Sebagai Media Promosi Pada PT. Saafir Prisma Indonesia.Jurnal Cyber PR. 2(2), 173-184.
Mohansyah, A., & Parani, R. 2018. Digital Online dan Trust Dalam Hubungan Antara Tokopedia Dengan Pengguna Layanan. Jurnal Lontar. 6(1), 58-68.
Puspiyanti, I., Sunarno, & Edris, M. 2023. The Influence of E-Recovery Service Quality and E-Service Quality on Loyalty Through Tokopedia Customer Statisfaction. Journal Of Finance and Business Digital. 2(3), 243-256.
Sabila, E.A.T., Riorini, S.V., Nisa, S.A., & Zefanya. 2024. Analisa Strategi Positioning Merek: Studi di Kasus Industri E-Commerce di Indonesia. Journal Business Economic and Entreprenruship. 6(1),10-17.
Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, Budiman, Y.U., & Manutu, M. 2023. Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-Commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2), 7524-7532.
Syira, D.S., Dkk. 2023. Pemanfaatan Big Data dalam Peningkatan Efektivitas Strategi Komunikasi Marketing Terpadu pada Perusahaan E-Commerce. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. 4(5), 891-900.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.