Sebuah Studi Literatur Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen

Authors

  • Ahmad Ramadhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Siti Jasimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Mita Dayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Komponen Penting Pemasaran, Influencer, Pengaruh Pemasaran, Literasi Digital, UMK, Pemasaran Digital.

Abstract

Salah satu komponen penting dari keberhasilan pemasaran media sosial adalah penggunaan influencer dan marketing. Untuk mencapai tujuan ini, penulis menggunakan metodelogi penelitian empiris untuk mengumpulkan data informasi tentang pemasaran media sosial dan bagaimana influencer mempengaruhi pamasaran produk. Semakin berkembangnya literasi digital melalui teknologi informasi dapat memudahkan para UMK dalam melatih kemamapuan yang di kuasai untuk usahanya. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Influencer terhadap pemasaran secara digital.

References

Abid, M. (2021). Belajar Memulai Bisnis Umkm. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 35.

Aziati, Y. (2020). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean. Applied Information Systems and Management (AISM), 2(2), 77-80.

Dewi, N. P. R. C. (2020). Digital Marketing Strategy On Travel Tourism Business In Marketing 4.0 Era. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 7(3), 58-64.

Febriyanto, M., T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Handika, M,. R., & Darma, G., S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 192-203..

Hutahaean, J., Harmayani, H., Apdilah, D., Rahayu, S., & Siregar, E. S. (2022). Literasi Digital: Bijak Dalam Berekspresi Dan Bermedia Sosial. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Cetakan pertama edisi ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Kementerian Keuangan RI. (2022, Mei 5). Cara Cerdas Pemasaran Digital untuk Produk UMKM. Diakses dari https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/133-cara-cerdas-pemasaran-digital-untuk-produk-umkm.html.

Kotler Philip., 2018 Principles of Marketing : Global Edition, 17th. United Kingdom : Pearson.

Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi digital keluarga: Teori dan praktik pendampingan orangtua terhadap anak dalam berinternet. UGM PRESS.

Marthalina, M. (2018). Pemberdayaan Perempuan Dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 3(1), 59-76.

Rizal, C., Rosyidah, U. A., Yusnanto, T., Akbar, M. R., Hidayat, L., Setiawan, J., ... & Novita, Y. (2022). Literasi digital. Get Press.

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137-148

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Ramadhan, A., Jasimah, S., & Dayati, M. (2024). Sebuah Studi Literatur Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 629–633. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39285