Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital

Authors

  • Dwi Alinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Riri Nurfazri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yuliana Tri Fadillah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Salsa Rakhelia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Manajemen; Pemasaran; Digital; E-Marketing;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya transformasi manajemen pemasaran menjadi pemasaran digital dalam menghadapi bisnis yang semakin digital. Manajemen pemasaran dianggap sebagai aspek yang vital dalam mencapai tujuan bisnis, terutama dalam menghadapi dinamika bisnis yang kompleks. Dalam era digital yang terus berkembang, pergeseran ke arah pemasaran digital menjadi semakin efektif dalam mencapai kesuksesan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan mengandalkan data dari studi literatur untuk mendalami fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk tetap bersaing dan tumbuh dalam lingkungan pasar yang semakin terdigitalisasi. Strategi pemasaran digital memungkinkan interaksi yang lebih langsung dengan pelanggan, pengambilan keputusan yang lebih terinformasi berdasarkan analisis data, dan kemampuan untuk mengukur kinerja kampanye dengan lebih akurat. Melalui pemasaran digital, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai platform online untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Transformasi manajemen pemasaran menjadi pemasaran digital bukan hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga menjadi langkah strategis bagi perusahaan yang ingin mempertahankan relevansi dan keberhasilan dalam ekosistem bisnis yang semakin digital.

References

Abidin, Z., & Sofyan, A. (2023). Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 4(2), 3796–3804. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.70

Aprilianti, A. A., & Donni, J. (2018). Pengaruh E-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Jasa Pt . Fres Indonesia Wisata the Influence of E-Marketing on Consumer Decisions Using Pt . Fres Indonesia Wisata Services. E-Proceeding of Applied Science, 4(3), 1041–1044.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Desra. (2019). 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital. Mekari Jurnal. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-efektif-di-era-digital/

Djogo, O. Y. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v2i1.76

Fauziah, R., & Wahdiniwaty, R. (2020). The Process of Product Purchasing Decision Through E-Marketing. Proceedings of the International Conference on Business, Economic, Social Science, and Humanities – Economics, Business and Management Track (ICOBEST-EBM 2019), 112, 125–129. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200108.030

Fitra Nabila, N., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dan Peran Content Creator Pada Media Sosial Guna Meningkatkan Brand Awareness PT. Otak Kanan Surabaya Implementation of Digital Marketing and the Role of Content Creators on Social Media to Increase Brand Awareness of PT. Otak . JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.322

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Kotler, P. & A. (2018). Principles Of Marketing.

Mosavi, H., & Agus Triansyah, F. (2023). Digitalization Impacts on Small Businesses: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(2), 194–205.

Muhammad, B. L. S., & Utami, T. L. W. (2023). Penerapan Pemasaran Digital sebagai Media Promosi. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 501–508. https://journal.unimma.ac.id

Pasaribu, J., & Taryanto, A. (2019). Implementasi Strategi E-Marketing Berbasis Web (Studi Kasus: Perusahaan Katering Dan Dekorasi). Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 2(1), 10–22. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v2i1.90

Sudaryo. (2020). Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Andi.

Sudiantini, D., Nurambarwati, D., Julianti, F. D., & Putra, F. F. (2023). Inovasi Dalam Manajemen Pemasaran Dan Menjaga Relevan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(2), 129–138. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2.378

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Triana, D. (2022). Strategi Marketing di Era Teknologi Digital. Penerbit Lakeisha.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Alinda, D., Nurfazri, R., Fadillah, Y. T., & Rakhelia, S. (2024). Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1147–1153. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40479