Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial TikTok Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Camille Beauty

Authors

  • Syam Tadjul Arfan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Yan Petrus Waruwu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi pemasaran, TikTok, Industri kecantikan, Perilaku konsumen, Media sosial

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran strategi pemasaran melalui platform media sosial, khususnya TikTok, dalam meningkatkan kesuksesan pemasaran produk Camille Beauty di industri kecantikan yang kompetitif. Dengan latar belakang perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tentang potensi TikTok dalam pemasaran produk kecantikan. Metode penelitian menggunakan literature review selama empat bulan dengan fokus pada perilaku konsumen, pemasaran digital, dan pengaruh media sosial. Temuan utama menunjukkan bahwa pemahaman mendalam terhadap preferensi konsumen dan kemampuan menciptakan konten yang menarik di TikTok dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pemasaran Camille Beauty. Implikasi temuan ini adalah pentingnya adaptasi merek kecantikan terhadap tren dan teknologi terkini untuk tetap relevan dan bersaing. Hasil penelitian ini memvalidasi praktik-praktik pemasaran sebelumnya, seperti penggunaan konten kreatif dan interaksi langsung dengan pengguna, namun menekankan bahwa strategi pemasaran yang efektif dapat bervariasi tergantung pada platform dan audiens yang dituju. Saran untuk penelitian masa depan adalah melibatkan keragaman metode penelitian dan memperluas cakupan sampel untuk mencapai generalisasi yang lebih kuat. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman akademis tentang pemasaran digital dan perilaku konsumen, serta memiliki dampak praktis yang besar bagi industri kecantikan dan pemasaran secara keseluruhan

References

Febriyanti, D. E., & Arifin, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Secara Online Melalui Tiktok Dan Instagram Terhadap Volume Penjualan Skincare Justmine Beauty Pada Agen Yuyun Di Lamongan. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 344-352.

Ferira, R. (2022). Analisis Aplikasi TikTok sebagai Platform Membangun Jaringan Bisnis Generasi Millenial. Munazzama: Journal of Islamic Management and Pilgrimage,(June), 1-15.

Prabowo, O. H., Merthayasa, A., & Saebah, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan pada Kegiatan Bisnis di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7), 883-892.

Risnawati, R., Wonua, A. R., & Astaginy, N. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Pengetahuan Produk Terhadap KEPUTUSAN Pembelian Produk Kecantikan. Student Scientific Creativity Journal, 1(6), 15-28.

Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). PERAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI PLATFORM UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS DI ERA DIGITAL. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 143-149.

Utami, A., & Nasution, M. I. P. (2023). PERKEMBANGAN PASAR ONLINE (E-COMMERCE) DI ERA MODERN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(2), 126-132.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Arfan, S. T., & Waruwu, Y. P. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial TikTok Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Camille Beauty. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1848–1854. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40921